GadgetAkhir dari Smartphone Snapdragon 8 Gen 1 Sudah Dekat

Akhir dari Smartphone Snapdragon 8 Gen 1 Sudah Dekat

Technologue.id, Redmond – Snapdragon 8 Gen 1 merupakan langkah penting bagi Qualcomm di tahun 2022. Ini menandai masuknya perusahaan ke wilayah fabrikasi 4 nm, dan juga debut arsitektur ARMv9.

Selain itu, ini adalah awal dari proses rebranding untuk chipset Qualcomm. Perusahaan meninggalkan seri Snapdragon 800 lama untuk memulai seri Snapdragon 8 yang akan dibagi antar generasi.

Sekarang, hanya masalah waktu sampai generasi lain bergabung dengan format baru ini. Meskipun kinerja luar biasa Snapdragon 8 Gen 1, perusahaan berurusan dengan beberapa masalah panas berlebih. Dan tampaknya, Qualcomm tidak senang dengan pembuatan chip 4 nm Samsung.

Awal bulan ini, Qualcomm sudah menunjukkan niatnya untuk mengganti chip yang dipasok oleh TSMC (Taiwanese Semiconductor Manufacturing Company). Kini, tampaknya chip tersebut akhirnya hadir dalam bentuk Snapdragon 8 Gen 1 Plus.

Baca juga:
Qualcomm dan ESL Gaming Berkolaborasi untuk Merevolusi Masa Depan Esports Mobile dengan Snapdragon Pro Series

Menurut sumber yang tidak disebutkan namanya yang “akrab dengan pembicaraan rantai pasokan”, Snapdragon 8 Gen 1 Plus akan dirilis pada awal Juni, atau setidaknya Juli. Ini sudah menunjukkan komitmen Qualcomm untuk membawa System on Chip baru ke pembuat smartphone.

Tampaknya, upaya perusahaan akan lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk diingat, adopsi Snapdragon 888+ sangat rendah. Mungkin, situasinya akan berbeda dengan Snapdragon 8 Gen 1 Plus yang akan datang.

Bahkan, sudah banyak rumor tentang smartphone yang menggunakan platform baru.

Snapdragon 8 Gen 1 Plus
Rumor menyebut sekelompok SD 8 Gen 1 Plus baru segera hadir. Perangkat pertama akan mencapai pasar China terlebih dahulu. Di sisi lain, ponsel pertama yang akan menggunakannya adalah OnePlus 10 Ultra.

Ini akan menandai pintu masuk perusahaan ke pasar “super-flagship”, tapi juga tampak seperti meninjau kembali strategi sebelumnya meluncurkan dua flagships setiap tahun. Tentu saja, ini tidak dikonfirmasi saat ini.

Perangkat lain yang memungkinkan adalah Motorola Frontier atau Motorola Edge 30 Ultra. Perangkat yang akan datang telah menjadi berita utama selama beberapa waktu.

Giz China menyebut ini adalah smartphone andalan Motorola yang paling menjanjikan selama bertahun-tahun. Bocoran sudah mengungkap ponsel flagship dibekali SD 8 Gen 1 Plus. Lebih dari itu, bocoran juga mengatakan unit datang bersama kamera 200 MP.

Masih berdasarkan rumor yang beredar sejauh ini, Snapdragon 8 Gen 1 muncul dengan kecepatan clock yang sedikit lebih tinggi. Perangkat mungkin masih membawa konfigurasi 1 + 3 + 4 dengan inti Cortex-X2, Cortex-A710, dan Cortex-A510. GPU akantetap menjadi milik GPU Adreno 730.

Qualcomm diprediksi mengungkap chipset barunya ini pada bulan Mei 2022.

Related articles

Harga Ponsel, Konsol Game, dan Mobil Dipastikan Naik Gara-gara Samsung

Technologue.id, Jakarta - Banyak perangkat menggunakan chip yang diproduksi...

Ponsel Gahar Snapdragon 8 Gen 1+ Muncul Awal Juli 2022

Technologue.id, Jakarta - Rumor menyebut kemungkinan ponsel pertama yang...

Bocoran Spesifikasi Chip Snapdragon 8 Gen 2

Technologue.id, Jakarta - Pada bulan Mei sudah banyak flagship...

Badai COVID-19, Peluncuran Snapdragon 8 Gen 1 Plus Ditunda

Technologue.id, Jakarta - Qualcomm dikabarkan akan meluncurkan chipset Snapdragon...

Sony Xperia 1 IV Tak Dapat Jatah Chip Snapdragon 8 Gen 1 Plus

Technologue.id, Jakarta - Ponsel unggulan dari seri Xperia Sony...