Technologue.id, Jakarta – Jika sebelumnya Intel sempat mengejutkan industri semikonduktor dengan menghadirkan prosesor 18 core pada tahun lalu, kali ini mereka tengah menyiapkan prosesor yang lebih canggih lagi untuk akhir tahun 2018 mendatang.

Mengutip dari TheVerge.com (05/06/2018), melalui ajang tahunan Computex 2018, Intel dilaporkan baru saja memperkenalkan produk prototipe terbarunya, yakni prosesor yang memiliki 28 core secara fisik. Mereka juga menyebutkan bahwa komponen tersebut akan berjalan pada frekuensi 5 GHz.

Baca juga:

Prosesor Intel Cannon Lake Bakal Terlambat Tiba

Untuk mengukur kinerjanya, Intel juga sempat melakukan pengujian prosesor tersebut dengan aplikasi Cinebench. Dan skor yang didapatkan adalah 7.334 poin, terbilang sangat tinggi jika dibandingkan dengan prosesor tunggal lainnya yang tak memiliki core sebanyak itu.

Baca juga:

Ada Celah Keamanan di WhatsApp, Facebook Malah Santai

Sayangnya, Intel hingga saat ini belum mengumumkan detail dari prosesor tersebut, seperti kodenama, teknologi arsitektur, dan lain sebagainya. Namun melihat performanya, bisa jadi prosesor ini akan mengisi lini extreme dan menjadi salah satu anggota keluarga Core i9. Atau, bisa saja ia bakal menggantikan prosesor Core i9-7980XE yang sebelumnya sempat dirilis pada tahun 2017 lalu.

Baca juga:

Intel Pensiun dari Industri Kacamata Pintar

Diketahui, prosesor Intel Core i9-7980XE sendiri terdiri dari 18 core, menggunakan arsitektur Skylake dan dijual dengan harga retail US$1.999 (Rp27,8 juta). Dengan hadirnya prosesor 28 core nanti, wajar saja jika banyak yang memperkirakan bahwa harganya akan melampaui Rp30 jutaan.