Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Akses Wikipedia Kini Tak Gratis Lagi
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Wikimedia pada akhirnya mengakhiri masa pakai dari Wikipedia Zero. Layanan ini merupakan salah satu layanan internet gratis pengguna mobile yang tersedia di hampir seluruh negara di dunia. Layanan ini sendiri sudah berlangsung semenjak 2012 silam. Untuk menjalankan fitur ini, pihak Wikimedia pun telah bekerja sama dengan 97 operator telekomunikasi di seluruh dunia.

Baca juga:

Huawei P20 Plus Bakal Punya Baterai 4.000 mAh

Alasan dari dinonaktifkannya fitur yang tersedia di 72 negara tersebut bukan dikarenakan pendanaan atau lainnya. Melainkan, mereka menemukan bahwa ada "penurunan yang signifikan dalam tingkat adopsi dan ketertarikan akan program tersebut" dalam waktu dua tahun belakangan, seperti dilansir dari laman Thenextweb.com (20/02/2018). Penurunan pengunjung ini pun dikarenakan beberapa hal. Salah satunya adalah ketidaktahuan masyarakat dunia atas laman Wikipedia dan kenyataan bahwa mereka dapat mengakses laman tersebut secara gratis di perangkat ponsel mereka.

Baca juga:

Update Google Pixel 2 Justru Membawa Bencana

Selain itu, Wikimedia pun memiliki alasan lain. Salah satunya adalah mereka menganggap bahwa harga paket data di dunia mulai menurun dari tahun ke tahun. Ini berarti hampir semua kalangan masyarakat sudah dapat dengan mudah mengakses internet.

Baca juga:

Demam Black Phanter, ‘Baju Koko’ T’Challa Mulai Bertebaran di Toko Online

Sekedar informasi, Wikipedia merupakan situs pencarian informasi yang dapat diakses secara gratis oleh siapapun. Sayangnya, beberapa negara menganggap bahwa layanan internet gratis bukanlah sesuatu yang baik. Alasannya, hal tersebut dapat memberikan mereka keuntungan dalam menghadapi persaingan. Ada-ada saja ya alasan mereka?

SHARE:

Google Bakal Hapus Data Penjelajahan Pengguna di Mode Incognito

Instagram, WhatsApp dan Facebook Sempat Down 3 Jam di Seluruh Dunia