Aksi LINE Redam Peredaran Berita Hoax di Platformnya

– Line Plus Corporation, anak perusahaan dari Line Corporation yang berbasis di Korea, menghadirkan kampanye Setop Berita Bohong atau Fake News yang didukung oleh jaringan media global The Associated Press (AP).

Kampanye ini digelar untuk mengidentifikasi dan menjawab permasalahan mengenai berita palsu dan misinformasi di media daring.

​​Kolaborasi Line dan AP membantu meningkatkan literasi media para pengguna di tengah maraknya berita palsu. Kampanye terdiri dari edukasi melalui video animasi dan seminar yang akan diadakan di beberapa wilayah.

​Line telah lama menyadari isu sosial yang berkembang dan diakibatkan oleh “fake news”, sebuah istilah untuk “kebohongan atau fiksi yang dibungkus menjadi berita yang beredar di internet” menurut 2019 AP Stylebook.

Dengan demikian Line memutuskan untuk berkolaborasi dengan AP untuk membuat kampanye CSR global untuk mengedukasi masyarakat mengenai karakteristik dari fake news, bagaimana untuk mengidentifikasinya, dan bagaimana untuk membagi informasi dengan tanggung jawab.

Kampanye Stop “Fake News” ini akan merilis video edukasi berbentuk animasi yang berisi proses bagaimana cara mengecek kredibilitas dari berita sebelum membagikannya kepada orang lain. Video edukasi ini akan tersedia dalam 5 bahasa: Bahasa Inggris, Thailand, Indonesia, Mandarin, dan Jepang.

Senada dengan isi video edukasi, seminar edukasi untuk belajar bagaimana mengidentifikasi “fake news” akan diadakan oleh Line dan AP pada bulan September di wilayah tertentu seperti Thailand, Taiwan, dan Indonesia.

Seminar tersebut akan berisi mengenai cara untuk mengetahui sebuah “fake news”, dengan penjelasan dan konsekuensi dari penyebaran “fake news” dan timbulnya misinformasi pada jejaring daring. Di Indonesia sendiri, acara seminar ini juga akan didukung oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo).

Sebelum kampanye Stop ‘Fake News’ ini diluncurkan, Line Indonesia sebelumnya telah beberapa kali mengadakan program yang bertujuan sama yakni untuk meningkatkan literasi media dan digital kepada para penggunanya.

Salah satunya adalah dengan mengadakan talkshow Pemuda Peduli Pemilu yang diadakan dalam rangka meningkatkan minat para pemuda akan pemilu dan bagaimana mengidentifikasi berita palsu selama pemilu berlangsung.

Selain itu, Line Today juga memiliki rubrik mingguan setiap hari Sabtu yang bertajuk ‘Awas Hoaks’ yang merangkum beberapa Hoaks yang tersebar di minggu itu.

Recent Articles

Perkuat Sektor Game, Sony Guyur Investasi ke Epic Games

Technologue.id, Jakarta - Sony telah mengakuisisi saham minoritas di Epic Games melalui anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Sony, dalam kesepakatan investasi...

Instagram Hadirkan Fitur Pinned Comments, Bisa Tandain Komen Si Tersayang

Technologue.id, Jakarta - Instagram baru saja meluncurkan fitur terbaru "Pinned Comments". Fitur ini memungkinkan pengguna menyematkan tiga komentar teratas di postingan mereka.

Bocoran Call of Duty Mobile Season 8

Technologue.id, Jakarta - Minggu ini adalah saat-saat terakhir Call of Duty Mobile Season 7. Season 8 ini jelas bikin para pemain Call...

Ini Deretan Aksesori dan Games yang Siap Digandeng dengan PlayStation 5

Technologue.id, Jakarta - Tak lama lagi, Sony PlayStation (PS) 5 akan segera dirilis. Sebelum dirilis, beberapa e-commerce di India justru sudah mempublikasikan...

Digelar Virtual, Samsung Galaxy Unpacked 2020 Siap Pajang Sederet Produk Primadona

Technolpgue.id, Jakarta - Samsung telah mengkonfirmasi bahwa gelaran Galaxy Unpacked akan berlangsung pada 5 Agustus mendatang. Seperti diketahui, pandemi virus Corona yang...

Related Stories