Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

Telco Hot Issue News Latest News Headline

Alasan Indosat Ooredoo Gelar 5G di Balikpapan

byTangguh Yudha Ramadhan - editorDenny Mahardy Dec 17, 2021

Technologue.id, Jakarta - Indosat Ooredoo resmi meluncurkan layanan komersial 5G di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (16/12/2021).

Dipilihnya Balikpapan sebagai kota ke-5 di Indonesia yang mendapatkan layanan internet super cepat ini bukan tanpa alasan.

Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha menyebut Balikpapan dipilih karena menjadi kota terdekat dengan calon ibu kota baru.

Baca Juga:

Ini Janji Indosat Ooredoo 5 Tahun Ke Depan

Di samping itu juga karena Balikpapan menjadi salah satu wilayah sentral ekonomi di Kalimantan Timur, terutama dalam bidang industri manufaktur.

"Ini akan mempercepat transformasi digital di Kalimantan, terutama untuk mendukung persiapan ibu kota baru Indonesia, Penajam Paser Utara, yang terletak di dekat Balikpapan," kata Vikram.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), Balikpapan merupakan kota di Kalimantan Timur dengan industri manufaktur sebagai penggerak utama perekonomian.

Tercatat sektor manufaktur menyumbang 47% dari Produk Domestik Regional Bruto pada tahun 2020, sedangkan perikanan laut menjadi kontributor utama di sektor pertanian.

Baca Juga:

Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan Streaming Musik IMBeats

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor menyebut, Balikpapan adalah kota yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, terutama dalam industri minyak bumi.

Dengan rencana pindahnya ibu kota ke Kalimantan Timur, maka kota Balikpapan berpotensi berkembang dengan sangat pesat serta mampu memulihkan ekonomi nasional.

Diharapkan teknologi 5G akan mengubah cara industri beroperasi sehingga dapat mendorong inovasi, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan daya saing ekspor.

#IndosatOoredoo #Balikpapan #Layanan5GIndosat #InternetSuperCepat

Baca Juga