Technologue.id, Jakarta – Anda yang hobi menonton video di PC atau laptop bersistem operasi Windows pasti tak asing dengan Media Player Classic – Home Cinema alias MPC-HC. Sama seperti GOM Player atau VLC Player, MPC-HC adalah satu dari sedikit software terbaik untuk memutar video.

Namun di bulan Juli ini, bersamaan dengan rilisnya versi teranyar MPC-HC, mereka juga mengeluarkan kabar sedih. Ya, v1.7.13 menjadi persembahan terakhir dari tim di balik proyek MPC-HC.

Dalam situs resminya (16/07/17), terungkap bahwa jumlah developer aktif yang menggawangi MPC-HC semakin hari semakin berkurang. Hingga kini, tak ada lagi pengembang yang mau terus menyempurnakan software yang ditulis dalam bahasa C++ tersebut.

Alhasil, alasan “sepele” itu pun mengakhiri perjalanan Media Player Classic selama 14 tahun terakhir untuk sementara ini.

Menurut Project Manager MPC-HC yang biasa dikenal lewat username @XhmikosR, timnya sangat terbuka pada masyarakat yang mau mengurusi dan berkontribusi untuk Media Player Classic ke depannya. Syaratnya “cuma” wajib menguasai C/C++ dan menghubungi @XhmikosR via email atau IRC.

“Jika tidak ada, semuanya akan berakhir dan hidup terus berlanjut. Ini adalah perjalanan yang menyenangkan,” pesannya.

Sekilas informasi, Media Player Classic adalah software media player yang kompatibel untuk sistem operasi Windows 32-bit mapun 64-bit. Mereka punya opsi dan fitur yang beragam hingga membuatnya lumayan digemari, contohnya dengan mampu memainkan file OGM dan MKV.

 

Baca juga:

Amazon Bikin Aplikasi Perpesanan Sendiri

Iflix Kini Gandeng XL Axiata, Apakah Benefitnya Sama dengan Indosat?

Uji Logika dengan Game Misteri DET: Solve the Mystery