Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Alasan yang Membuat Tikus Jantan Takut dengan Pisang
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Para ilmuwan baru-baru ini menemukan sesuatu yang membuat tikus jantan benar-benar takut dengan pisang. Ternyata aroma khas pisang membuat mereka stres.

Para peneliti dari McGill University di Montreal, Quebec, mempelajari tentang keengganan buah yang tidak biasa ini saat menganalisis lonjakan hormon stres pada tikus jantan sewaktu dekat dengan betina hamil atau menyusui.

Para ilmuwan melaporkan dalam sebuah studi baru bahwa perubahan hormonal pria dipicu oleh adanya senyawa yang disebut n-pentil asetat dalam urin wanita. Nah zat ini juga merupakan senyawa yang memberikan bau khas pada pisang.

Baca juga:
Seekor Monyet Misterius di Kalimantan Memicu Kekhawatiran Ilmuwan

"Semuanya mengejutkan, karena kami tidak mencari ini secara khusus dan menemukannya secara tidak sengaja," ungkap Jeffrey Mogil, penulis senior studi dan profesor di Departemen Psikologi di McGill University.

"(Tikus) betina hamil berada di lab kami untuk percobaan lain, dan salah satu mahasiswa pascasarjana kami menyadari bahwa jantannya mulai bertingkah aneh," kata Mogil kepada Live Science.

Dalam makalah, para peneliti menulis bahwa tikus jantan, terutama jantan perjaka, diketahui terlibat dalam agresi pembunuhan bayi tikus untuk meningkatkan kebugaran genetiknya. Untuk mencegah pemangsa potensial ini, betina hamil dan menyusui mengandalkan chemosignaling atau memancarkan respons kimia melalui tubuhnya untuk mengirim pesan kepada pejantan agar menjauh dari keturunannya.

Prev Next Page 1 of 3
SHARE:

Harga Neta V-II Lebih Murah Rp80 Juta, Bagaimana Nasib Mobil Listrik Neta V?

Oppo Buka Gerai Premium Konsep Modern, Bisa Ngopi Hingga Baca Buku