Technologue.id, Jakarta – Mencuci peralatan dapur biasanya dilakukan di wastafel dengan menggunakan air dan sabun. Namun seiring perkembangan teknologi, hal itu pun bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana lagi.

Mengutip dari TheVerge.com (12/01/2018), sebuah produsen perangkat elektronik rumah tangga, Heatworks baru saja memperkenalkan sebuah alat pencuci piring (dishwasher) cerdas yang juga bisa berfungsi untuk mencuci buah di ajang CES 2018. Tak cuma itu, mencuci peralatan bayi dan merebus makanan pun bisa dilakukannya.

Baca juga:

Lenovo Miix 360, Laptop Rasa Smartphone

Perangkat yang diberinama Tetra itu datang dengan bodi berbentuk kotak mungil namun muat untuk meletakkan berbagai peralatan seperti piring, gelas, ataupun buah. Untuk bisa mencuci, pengguna hanya perlu memasukkan air dan air tersebut akan memanas dengan sendirinya. Sementara agar bisa bersih, terdapat sebuah detergen khusus yang akan keluar secara otomatis.

Baca juga:

5 Produk Berteknologi Artificial Intelligence yang Mejeng di CES 2018

Layaknya perangkat Internet-of-Things lainnya, Tetra pun bisa terkoneksi dengan internet untuk bisa berkomunikasi dengan pengguna melalui smartphone. Dari situ, pengguna bisa mengatur konfigurasinya dengan begitu mudah, seperti mengatur lama pencucian ataupun temperatur air panas.

Baca juga:

Kamera Smartphone Huawei Dijanjikan Setara dengan DSLR

Rencananya, Tetra baru akan dirilis pada sekitar akhir tahun 2018 mendatang. Kemungkinan, perangkat tersebut akan dihargai US$300 atau sekitar Rp4 juta. Belum jelas apakah nantinya juga akan dijual secara resmi di Indonesia.