Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Alibaba Cloud Dorong Pelaku Bisnis Manfaatkan Teknologi AI Generatif
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Alibaba Cloud menegaskan komitmennya untuk mempercepat adopsi AI generatif di Indonesia melalui serangkaian inisiatif baru. Inisiatif-inisiatif ini mencakup perluasan kemitraan AI lokal, menghadirkan lebih banyak perangkat pengembangan AI, dan meluncurkan program pelatihan bakat digital AI yang baru.

Sean Yuan, General Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence menerangkan bahwa upaya ini bertujuan untuk memberdayakan bisnis dan masyarakat Indonesia agar dapat memanfaatkan peluang besar yang ditawarkan oleh teknologi transformatif terkini.

"Dengan membangun ekosistem AI yang kolaboratif, menyediakan perangkat pengembangan canggih, dan membina talenta-talenta lokal, Alibaba Cloud bertekad mendorong perjalanan Indonesia menjadi pemimpin dalam ruang AI generatif," kata Yuan, dalam konferensi Indonesia AI Conference 2024, di Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Baca Juga:
Covestro Gandeng Alibaba Cloud Kelola Jejak Plastik Berkelanjutan

Pada konferensi ini, Alibaba Cloud membahas tiga penggerak utama adopsi AI generatif dengan mengutip laporan terbaru mereka "Alibaba Cloud: 2024 Guidebook to AI Solutions for Indonesia": yakni diantaranya kemampuan model dasar yang canggih, pengembangan software mutakhir untuk pemanfaatan large language model, dan solusi infrastruktur yang hemat biaya.

"Untuk membantu pelanggan kami lebih baik dalam memanfaatkan kekuatan AI generatif dan meningkatkan adopsi kemajuan teknologi, kami akan berfokus dalam menyediakan lebih banyak sumber daya AI yang lebih komprehensif melalui ekosistem lokal kami yang berkembang, alat dan solusi baru yang mempermudah pembuatan aplikasi, serta daya komputasi AI yang lebih mudah diakses dan hemat biaya," tambah Yuan.

Alibaba Cloud secara aktif membangun ekosistem mitra AI yang kuat di Indonesia supaya bisa menyatukan para penyedia teknologi terkemuka dari berbagai sektor untuk memicu inovasi dan kolaborasi bersama. Di konferensi ini, Alibaba Cloud memperkenalkan tiga mitra baru ke dalam ekosistem yang terus berkembang antara lain Lenna.ai, Xquisite.ai, dan Mapid.

Baca Juga:
Kolaborasi Alibaba Cloud dan MediaTek Hadirkan AI Generatif di Smartphone

Perusahaan-perusahaan ini bergabung dengan mitra-mitra lama dari Zoloz, AI Rudder, 6Estates, Sobot, Techsun, sampai Sensors Data, yang telah memanfaatkan platform AI Alibaba Cloud yang kuat untuk memberikan solusi inovatif di berbagai sektor, termasuk ritel, keuangan, game, dan logistik.

Lebih lanjut, unit bisnis dari Alibaba Group itu juga menyediakan alat dan layanan pengembangan AI terbaru bagi pelaku bisnis untuk membangun model dan aplikasi AI kustom. Yakni platform AI generatif komprehensif yang didukung oleh Large Language Models (LLMs) Qwen bernama Model Studio.

Model Studio akan makin diperkaya dengan fitur-fitur seperti teknik prompt, Retrieval Augmented Generation (RAG), pembuatan agen AI, dan kemampuan penyempurnaan dalam beberapa bulan mendatang.

Selain itu, pada akhir tahun ini, Alibaba Cloud akan memperkenalkan serangkaian solusi AI khusus industri yang didukung oleh Qwen. Solusi-solusi ini, termasuk chatbot percakapan yang didukung LLM untuk e-commerce dan solusi avatar digital untuk keterlibatan pelanggan.

SHARE:

Turnamen Esports H3RO Buka Peluang Berkarier di Industri Gaming

Kreator Konten Mulai "Gerah" Gara-Gara Ulah Pengembang AI