Alibaba Ingin Ciptakan Speaker Pintar

Technologue.id, Jakarta – Speaker pintar belakangan ini nampaknya menjadi primadona bagi sebagian perusahaan teknologi di dunia. Setelah Amazon, Apple, dan Xiaomi, kini giliran Alibaba yang ingin menciptakan produk serupa.

Mengutip dari NextPowerUp (03/07/17), perusahaan e-commerce terbesar asal Tiongkok itu dilaporkan tengah menyiapkan produk baru sebuah speaker pintar. Perangkat tersebut sendiri saat ini tengah dalam proses pengerjaan.

Layaknya speaker pintar pada umumnya, ia bisa beroperasi sesuai dengan perintah suara yang diberikan oleh pengguna. Namun untuk tahap awal, perangkat tersebut hanya mendukung bahasa lokalnya, yakni Tiongkok.

Seperti speaker pintar lainnya, produk buatan Alibaba tersebut juga akan dilengkapi dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence / AI) untuk mengolah dan memproses perintah suara yang diberikan. Dan nantinya, pengguna juga akan bisa berbelanja di website Alibaba dengan menggunakan perintah suara yang diucapkan ke perangkat tersebut.

Kemungkinan, beberapa minggu mendatang Alibaba sudah siap untuk memperkenalkan produk tersebut. Hingga saat ini belum diketahui nama dari perangkat tersebut.

Tak cuma Alibaba, sejumlah e-commerce asal Tiongkok juga baru saja meluncurkan produk serupa, beberapa di antaranya adalah JD dan Baidu.

 

Baca juga:

Samsung Ciptakan Speaker Pintar Berbasis Bixby

HP dan Intel Ingin Ciptakan Speaker Pintar Berbasis Cortana

Harman Kardon Punya Speaker Pintar Berbasis Cortana