Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Amazon Pecat Karyawan yang Tuntut Keselamatan Kerja
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Perusahaan e-commerce raksasa, Amazon dikabarkan memecat tiga karyawannya selama beberapa hari terakhir. Pemecatan ini terjadi setelah ketiganya mengkritik soal keselamatan pekerja gudang selama pandemi virus Corona. Dilansir dari Vox pada Kamis (16/4/2020), karyawan yang dipecat adalah Bashir Mohamed, Emily Cunningham dan Maren Costa. Mereka menyebut pemecatan dirinya mempunyai alasan yang sama, yaitu karena peran aktivisnya.

Baca Juga: Amazon Berhenti Jual Masker Bedah dan N95 untuk Umum

Dimana mereka menganggap perusahaan belum melakukan cukup banyak aksi untuk menjaga pekerja garda terdepan baik di gunang maupun pengiriman tetap aman selama pandemi virus Corona. Penyediaan alat pelindung diri dan pemeriksaan suhu masih dinilai kurang. Amazon sendiri membantah tudingan itu, perusahaan yang dipimpin oleh Jeff Bezos tersebut mengatakan tidak anti kritik dan menghargai hak berpendapat karyawan. Pemecatan terjadi karena pelanggaran kebijakan internal. "Kami mendukung penuh hak karyawan untuk mengkritik atasan. Kami memecat mereka karena tindakan tidak disiplin dan melanggar pedoman jarak sosial," ujar Amazon.

Baca Juga: Amazon Bakal Punya Pesaing Google Stadia

Pemecatan ini sebenarnya bukanlah yang pertama. Sebelumnya, kurang dari dua minggu Amazon telah lebih dulu memecat Christian Smalls karena memimpin mogok kerja untuk menuntut perusahaan menjaga kesehatan pekerja dengan cara yang lebih baik lagi. Dania Rajendra, direktur Athena, koalisi aktivis kelompok yang mengkritik praktik ketenagakerjaan dan bisnis Amazon, menyayangkan pemecatan ini. Ia menyebut Amazon lebih memilih membungkam mereka dibanding mendengarkannya.

SHARE:

Lagi, Tesla Tunda Pengiriman Cybertruck Gara-gara Masalah Pedal Akselerator

Kepercayaan Konsumen Terhadap Kendaraan Otonom Semakin Menurun