AMD 4700S kit Meluncur, PC Rasa PlayStation 5

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – AMD resmi mengumumkan AMD 4700S kit. Produk baru ini terdiri dari motherboard dan prosesor untuk PC yang spesifikasinya mirip dengan PlayStation 5.

Dilansir dari Techspot, Rabu (14/7/2021), tersedia dua piihan RAM, yakni 8GB dan 16GB GDDR4. AMD 4700S kit diklaim mampu menghasilkan clock speed hingga 3,2GHz dan bandwidth memori 14Gbps.

Kombinasi hardware AMD 4700S kit mirip dengan system on a chip yang dipakai di PS5, yaitu Ariel. CPU sama-sama punya delapan core dengan kecepatan sedikit lebih tinggi, dan sama-sama terpasang RAM 16GB GDDR6.

Baca Juga:

Mengenal AMD FidelityFX Super Resolution, Teknologi Pesaing Nvidia DLSS


Kit ini juga telah dilengkapi dengan pendingin yang mirip dengan Wraith Stealth AMD, dan dijanjikan akan ada 80 PC yang bakal dirilis ke pasaran oleh para partnernya per 24 Juni.

Sayangnya, motherboard sedikit mengalami hambatan. Pasalnya slot PCIe x16 yang tersedia hanya empat lane Gen2, yang hanya kompatibel dengan kartu grafis low end.

AMD merekomendasikan penggunaan GPU RX 550 di kit ini, dan pilihan GPU paling kencang yang didukung hanya RX 590 dan GTX 1060.

Baca Juga:

AMD Perluas Ketersediaan Fitur Smart Access Memory ke Ryzen 3000


AMD mengklaim AMD 4700S kit merupakan solusi unik yang didesain untuk memenuhi kebutuhan pasar mainstream yang menginginkan performa tinggi dengan jumlah core yang banyak.

Namun muncul teori yang menyebut AMD 4700S kit merupakan chip Ariel yang defektif, alias tak memenuhi standar kualitas untuk menjadi chip di PS5. Misalnya, GPU terintegrasi yang tak memenuhi standar, atau clock speed yang tidak terjaga, atau suhu yang dihasilkan terlalu tinggi.

Namun ada juga yang mengasumsikan kalau 4700S ini sebenarnya adalah prototipe Ariel, atau desain yang dibuat dengan GPU terintegrasi yang berbeda

- Advertisement -

Latest News

Related Stories