AMD dan HP Bangun Superkomputer El Capitan

Technologue.id, Jakarta – AMD dan HP baru saja mengumumkan kemitraan baru mereka untuk membangun superkomputer. Diberi nama El Capitan, superkomputer kelas exascale ini dijadwalkan hadir pada 2023 mendatang.

Dilansir dari Extremetech pada Sabtu (7/3/2020), digunakan oleh Lawrence Livermore National Laboratories, Sandia National Laboratories, dan the Los Alamos National Laboratory, El Capitan akan mensimulasikan reaksi nuklir untuk memastikan manajemen cadangan nuklir AS aman.

Baca Juga:
Roket Starship SN1 Meledak Saat Uji Coba

Selain itu, El Capitan juga akan menjalin kemitraan dengan GlaxoSmithKline untuk mencoba dan mempercepat jadwal pengembangan obat kanker dari enam tahun menjadi satu tahun. Penelitian akan dilakukan dengan memahami mutasi protein RAS terkait dengan 30 persen kanker pada manusia.

Superkomputer ini disebut akan memberikan peluang baru bagi para peneliti. Untuk mengeksplorasi aplikasi baru menggunakan beban kerja intensif data yang muncul seperti pemodelan, simulasi, analitik, dan AI. Hal ini berguna untuk mendukung misi di masa depan.

Baca Juga:
Mozilla Bawa Layanan VPN Firefox ke Android

AMD sendiri tidak membocorkan jumlah pasti CPU dan GPU atau spesifikasi apa pun untuk superkomputer ini. Sementara HP akan menggunakan versi masa depan teknologi Shasta Compute Blade pada El Capitan, bersama dengan interkoneksi Slingshot teranyar.

Sejauh ini, kerja sama dalam membuat superkomputer dianggap dapat mewakili beberapa ribu penjualan CPU atau GPU. Para pemegang proyek superkomputer juga berhak menyombongkan diri atas pencapaiannya tersebut.