AMD: Laptop Berprosesor Kami Lebih Unggul dari Kompetitor

Technologue.id, Jakarta – Pemanfaatan prosesor AMD nyatanya bukan hanya untuk komputer PC dan laptop saja. Namun juga meluas ke teknologi yang digunakan sehari-hari, mulai dari konsol gaming hingga pesawat Boeing di mana ruang kokpit navigasinya sudah ditenagai oleh AMD.

Untuk penetrasi pasar laptop, AMD pun mulai gencar menggandeng pabrikan laptop untuk memakai seri prosesor Ryzen Mobile. Sejauh ini sudah ada dua brand yang menelurkan tiga model perangkat berbasis prosesor laptop terbaru dari AMD itu, yaitu Acer dan Lenovo.

Baca juga:

Lenovo Yoga 530, Jagoan Multimode, Pertama Usung Prosesor AMD

Meski baru dua rekanan saat ini, namun Armawati Cen, Business Development Manager AMD Indonesia, mengatakan bahwa AMD memiliki keunggulan dari kompetitor dari sisi portfolio produk terintegrasi.

“AMD memproduksi CPU dan kartu grafis, sementara kompetitor hanya salah satunya. AMD sudah memadukan [prosesor] Ryzen dengan Vega Graphics,” kata Armawati saat ditemui Technologue.id di sela acara peluncuran Lenovo Yoga 530 di Jakarta, Senin (06/08/2018). Armawati mengklaim AMD Ryzen Mobile memiliki pengolah grafis Radeon Vega terintegrasi yang lebih mumpuni dibandingkan prosesor laptop lain saat ini.

Baca juga:

Lenovo Luncurkan Smart Display, Apa Fungsinya?

Laptop dengan prosesor AMD Ryzen pun disebut tidak membutuhkan pengolah grafis terpisah (discreet) untuk menangani berbagai tugas pengolahan grafis sehingga menghemat tempat dan daya tahan baterai. Ia menjelaskan, saat ini tren notebook tipis kebanyakan hanya mengandalkan CPU saja. Memang, secara produktivitas cukup membantu namun untuk grafis maka akan ada hambatan.

“AMD menawarkan best performance karena tidak hanya menawarkan CPU, tapi juga Vega. Di AMD sudah men-deliver performa grafis lebih baik,” kata Armawati.

Baca juga:

Lenovo Jadi yang Pertama Hadirkan Smartphone 5G?

Meski demikian, model-model prosesor Ryzen pun memiliki kinerja yang berbeda-beda karena perbedaan spesifikasi, termasuk dalam hal GPU terintegrasi. Dalam hal ini Ryzen 3 duduk di posisi bontot dengan GPU Radeon Vega 3 atau Vega 5. Ryzen 5 dibekali GPU Radeon Vega 8, sementara Ryzen 7 memiliki GPU terkencang, Radeon RX Vega 10.

Ke depan, Armawati mengatakan Ryzen Mobile bakal menjadi andalan AMD untuk pasaran laptop kelas menengah dan kelas atas di Indonesia.

Recent Articles

Data Pelanggan Bocor, Telkomsel Janji Berbenah

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel secara resmi menyatakan komitmennya dalam menjaga keamanan data pelanggan. Anak perusahaan Telkom Group tersebut mengaku akan berbenah agar...

Kisah Hidup Karakter Antonio dari Free Fire

Technologue.id, Jakarta - Free Fire adalah game mobile battle royale paling populer di dunia saat ini. Game ini memiliki sistem karakter yang...

TikTok Hapus 50 Juta Video Bermasalah di Paruh Kedua 2019

Technologue.id, Jakarta - Aplikasi media sosial TikTok mengatakan bahwa pihaknya telah menghapus lebih dari 49 juta video dari platformnya selama paruh kedua...

Bercerai dengan Intel, Segini Keuntungan yang Didapat Apple

Technologue.id, Jakarta - Dalam gelaran WWDC 2020, Apple mengkonfirmasi perpisahannya dengan Intel. Sejumlah pihak menilai keputusan ini diambil guna menghemat pengeluaran perusahaan.

WFH Bikin Penjualan PC Meningkat Secara Global

Technologue.id, Jakarta - Pandemi Covid-19 banyak mengubah paradigma tentang banyak hal, termasuk bisnis. Beberapa industri ada yang berdampak sangat buruk, namun di...

Related Stories