Technologue.id, Jakarta – Era digital telah membawa banyak peluang baru. Perkembangannya sudah mengefisienkan kehidupan manusia, baik untuk bekerja maupun bermain. Sadar betul akan hal ini, Microsoft mencoba meramalkan seperti apa masa depan teknologi digital sekaligus memperkirakan kebutuhan masyarakat, utamanya generasi muda.

Nah, berdasarkan hasil survei Microsoft Asia Digital Future kepada 1.400 remaja usia 18-24 tahun di kawasan Asia Pasifik, teknologi terpopuler yang diharapkan memiliki dampak terbesar pada kehidupan masa depan mereka adalah Artificial Intelligence (AI). Selain kecerdasan buatan, mereka juga antusias dengan masa depan yang bakal disuplai oleh virtual, mixed, dan augmented reality serta Internet of Things (IoT).

Detailnya, AI yang memungkinkan mesin punya kemampuan bekerja dan bereaksi layaknya manusia diimpikan bisa menjadi solusi untuk banyak hal. Tiga ekspektasi tertinggi terhadap AI dari para remaja tersebut adalah terciptanya mobil yang terhubung atau tanpa sopir (39 persen), robot perangkat lunak yang bisa meningkatkan produktivitas (36 persen), serta robot sebagai teman sosial (19 persen).

Setelah mendapatkan data penting seperti ini, Microsoft pun menunangkan optimismenya karena tiga inovasi itu sangat mungkin menciptakan transformasi di kehidupan banyak orang.

“Microsoft berkomitmen untuk menjadi katalis dalam mendorong terobosan-terobosan baru yang dapat memberikan dampak positif di seluruh dunia. Untuk itu, Microsoft bekerja sama dengan lebih dari 640.000 mitra organisasi serta berkolaborasi dengan peneliti, akademisi, dan lembaga di setiap daerah dari seluruh dunia untuk mendorong kreativitas dan jiwa kewirausahaan generasi muda melalui program seperti YouthSpark, Hour of Code, BizSpark, dan Imagine Cup,” begitu papar Antonius Henricus, Developer Experience and Evangelism Director Microsoft Indonesia, secara tertulis pada redaksi (19/05/17).

Anda sendiri, optimiskah kalau AI bersama kawan-kawannya bisa mengemban amanah besar untuk hajat hidup manusia itu?

 

Baca juga:

Hadang WannaCrypt, Microsoft Rilis Update untuk Windows XP

Microsoft Bakal Sematkan Bot pada Search Engine Bing

Microsoft Belum Menyerah di Bisnis Smartphone