Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Analis Ungkap Rencana Apple Bikin Macbook Layar Lipat
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Ketika produsen perangkat pintar seperti Samsung dan Oppo merilis ponsel pintar dengan fitur layar lipat, Apple tampak masih sibuk dengan seri iPhone terbaru dengan upgrade pada chipset serta headset canggih Vision Pro.

Diam-diam Apple tampaknya tertarik untuk menciptakan perangkat dengan fitur layar lipat. Berdasarkan keterangan analis industri Ming-Chi Kuo, Apple bersiap masuk ke tren perangkat layar lipat, bukan iPhone, melainkan MacBook.

Seperti terungkap dalam postingan di X, Kuo menyoroti rencana pengembangan Apple saat ini sebagai respons terhadap spekulasi orang-orang tentang kemungkinan iPhone atau iPad yang dapat dilipat. Rumor yang telah beredar selama beberapa waktu menyoroti iPad yang mungkin menjadi kandidat kuat sebagai tablet lipat pertama dari Apple.

Kuo membantah rumor tersebut dengan menyatakan bahwa "satu-satunya produk Apple yang dapat dilipat dengan jadwal pengembangan yang jelas adalah MacBook 20,3 inci," katanya.

Baca Juga:
Usung Sensor 200MP, Intip Hasil Jepretan Kamera Redmi Note 13 Pro+ 5G

Terkait ukuran layar 20,3 inci, bocoran informasi peta jalan terkait perangkat OLED Apple sebelumnya menunjukkan bahwa perusahaan menyiapkan iPad Pro yang akan dirilis pada 2026, bukan MacBook. Hal ini diungkap oleh tipster @Tech_Reve.

Belum diketahui apakah nantinya Apple akan merilis MacBook atau iPad yang dapat dilihat. Jika benar MacBook, maka perusahaan kini tidak hanya mengerjakan produk perangkat layar lipat pertama, tetapi juga MacBook layar sentuh pertama yang dirilis oleh perusahaan tersebut.

Apple dianggap "tidak menyukai" laptop layar sentuh. Steve Jobs sendiri mengklaim bahwa kepraktisan perangkat semacam itu "mengerikan secara ergonomis" pada tahun 2010. Namun, sejak saat itu, laptop layar sentuh telah menjadi sesuatu yang lumrah di sistem Windows. Laptop 2-in-1 memberikan argumen kuat tentang kegunaan fitur tersebut.

Bagi perusahaan yang berinvestasi untuk menjangkau sebanyak mungkin basis teknologi konsumen, masuk akal bagi Apple untuk akhirnya menyerahkan elemen layar sentuh untuk jajaran MacBook-nya, meskipun perangkat lipatnya mungkin bukan yang pertama di pasar.

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, Apple sudah berupaya menerapkan elemen layar sentuh ke dalam laptopnya, dimulai dengan OLED MacBook Pro, perangkat lain yang ditampilkan dalam peta jalan yang bocor yang disebutkan sebelumnya, juga ditetapkan untuk rilis pada 2026.

SHARE:

Masalah Fuel Pump, Ratusan Suzuki Jimny 3-Door Kena Recall di Indonesia

Game Ghost of Tsushima Director's Cut Akan Hadir di Platform PC