HomeHeadlineAndroid 12 Resmi Meluncur

Android 12 Resmi Meluncur

Technologue.id, Jakarta – Google meluncurkan versi stabil dari Android generasi terbaru di perangkat Pixel mulai 19 Oktober 2021.

Android 12 membutuhkan waktu lebih lama dari pendahulunya untuk diluncurkan. Misalnya saja, Android 10 dirilis ke publik pada 3 September 2019 sedangkan Android 11 resmi diluncurkan pada 8 September 2020.

Baca Juga:
Android 12 Resmi Diberi Nama Snow Cone

Android 12 telah menghadirkan fitur penyesuaian yang lebih baru dan lebih baik, identitas visual baru, dan banyak lagi. Materi desain ulang Google yang baru akan diluncurkan di semua perangkat yang berjalan di Android 12.

Dilansir dari Business Insider, versi ini akan membawa perubahan desain baru ke aplikasi Workspace Google, termasuk Gmail, Kalender, Meet, Drive, Dokumen, Spreadsheet, dan Slide.

Pada Android 12, pengguna akan mendapat pengaturan privasi yang dapat diatur pada menu Settings. Fitur ini sama seperti milik iOS yang memungkinkan penggunanya untuk mempertimbangkan beberapa hal sebelum memberikan akses pada aplikasi.

Peningkatan lainnya pada Android 12 adalah perubahan keygen seperti algoritma kriptografi BouncyCastle yang tidak lagi digunakan nantinya di sistem operasi anyar Google ini.

Baca Juga:
Daftar Smartphone Oppo Kebagian ColorOS 12 Berbasis Android 12

Dalam perilisannya, Google menyebut jika Android 12 akan tersedia untuk deretan smartphone dari merek kenamaan sebut saja Samsung, OnePlus, Oppo, Realme, Tecno, Vivo dan Xiaomi yang bekerja dengan dukungan Android.

Meski demikian belum semua jenis smartphone akan mendapatkan pembaruan ini. Perangkat yang akan mendapatkan sistem operasi terbaru ini masih terbatas pada smartphone Google Pixel saja.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More