AppsAndroid 13 Beta 1 Mulai Tersedia untuk Google Pixel

Android 13 Beta 1 Mulai Tersedia untuk Google Pixel

Technologue.id, Jakarta – Setelah sebelumnya dirilis dalam bentuk Developer Previews, kini Google merilis Android 13 Beta pertamanya untuk diuji oleh publik. Jika dibandingkan dengan Developer Preview yang dirilis pada Februari dan Maret lalu, Android versi beta ini lebih mudah untuk diinstal dengan bug lebih sedikit dibandingkan versi sebelumnya.

Untuk dapat mencoba Android 13 Beta ini, Anda cukup bergabung ke Android Beta Program pada tautan berikut ini. Diharapkan, Anda memiliki perangkat Google Pixel yang kompatibel dengan versi tersebut.

Baca Juga:
Segera Meluncur, Google Pixel 7 Jadi HP Pertama dengan Android 13

Kira-kiraGoogle Pixel berapa yang kompatibel dengan Android 13 Beta? Berikut adalah daftarGoogle Pixel yang kompatibel dengan Android 13 beta:

  • Pixel 4
  • Pixel 4 XL
  • Pixel 4a
  • Pixel 4a (5G)
  • Pixel 5
  • Pixel 5a
  • Pixel 6
  • Pixel 6 Pro

Selanjutnya, setelah Anda mendaftar di situs Android Beta Program, maka Anda akan menerima pembaruan Android 13 Beta 1 secara over the air (OTA) dalam hitungan menit. Pembaruan-pembaruan beta lainnya juga akan didapat secara OTA sampai akhirnya Android 13 resmi dirilis secara penuh.

Hal ini berlaku juga ketika Anda sebelumnya sudah mengikuti program Developer Preview. Secara otomatis, Anda akan mendapat pembaruan beta dan seterusnya.

Baca Juga:
Peningkatan Terbesar Android 13 Ada di Sini

Android 13 Beta 1 dilengkapi sistem ‘permissions’ yang lebih detail untuk file media dan API routing audio yang lebih baik. Nantinya, aplikasi yang ingin mengakses file media di ponsel akan punya tiga ‘permission’ yang berbeda. Hal ini didasarkan pada file apa yang bisa diakses, foto, video, atau audio.

Sebelumnya, ketiga jenis file media itu tergabung dalam satu ‘permission’ yang sama. Saat developer membuat aplikasi untuk Android 13, maka mereka wajib untuk bermigrasi ke permission model yang baru ini.

Dalam gelaran Google I/O Mei mendatang, Google akan menyampaikan secara detail mengenai Android 13 termasuk fitur-fitur barunya dan peluang peluncuran Android 13 Beta 2.

Related articles

OPPO Find X5 Pro Jadi yang Pertama Cicipi Android 13 Beta 1

Technologue.id, Jakarta - OPPO mengumumkan bahwa smartphone flagship OPPO...

Perubahan Halus Android 13 Beta 2 di Berbagai Animasi Sistem

Technologue.id, Jakarta - Google telah menggelar konferensi pengembangan tahunan,...

Google Mengoptimalkan Android 13 untuk Tablet Pixel

Technologue.id, Jakarta - Beberapa waktu terakhir Google gencar merilis...

Aplikasi Antivirus Populer Ini Mungkin Lebih Berbahaya Daripada Bermanfaat

Technologue.id, Jakarta - Setelah beberapa waktu lalu, Google Play...

Google Luncurkan Predictive Back Navigation untuk Meningkatkan Android

Technologue.id, Jakarta - Banyak pengguna Android yang memiliki masalah...