Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Android 15 Tawarkan Peningkatan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Pada konferensi pengembang Google I/O baru-baru ini, Google mengungkapkan beberapa fitur baru yang hadir di Android 15 , termasuk peningkatan yang berfokus pada privasi dan keamanan pengguna. Satu fitur dengan manfaat yang lebih universal adalah peningkatan masa pakai baterai.

Dikutip dari Gizmochina, Senin (20/5/2024), Android 15 memperkenalkan pengoptimalan mode 'Istirahatkan', sebuah fitur yang sudah ada di sistem operasi yang membantu menghemat baterai saat ponsel tidak aktif. Optimasi tersebut fokus untuk mempercepat proses masuk ke mode Istirahatkan.

Baca Juga:
Asus ROG Ally X dengan SSD 1TB Bakal Dibanderol Rp12 Jutaan?

Menurut Google, perangkat yang menjalankan Android 15 akan mencapai mode Istirahatkan 50% lebih cepat dibandingkan Android 14. Mode ini berfungsi dengan membatasi aktivitas latar belakang dan akses aplikasi ke sumber daya sistem saat ponsel tidak digunakan dalam waktu lama.

Pengujian internal oleh Google menunjukkan bahwa aktivasi mode Istirahatkan yang lebih cepat ini dapat menghasilkan waktu siaga tambahan hingga tiga jam pada perangkat tertentu. Penting untuk dicatat bahwa peningkatan yang tepat dapat bervariasi tergantung pada perangkat keras dan pola penggunaan ponsel tertentu.

Perubahan tersebut akan berlaku untuk semua perangkat yang menerima pembaruan Android 15. Jadi, pengguna dapat mengharapkan peningkatan masa pakai baterai secara keseluruhan.

Baca Juga:
NASA dan ESA Kerja Sama Dorong Misi Eksplorasi Mars di 2028

Selain itu, fitur tersebut diperkirakan akan dibawa ke Wear OS 6, iterasi berikutnya dari sistem operasi jam tangan pintar berbasis Android 15. Meskipun tanggal rilis untuk Wear OS 6 belum dikonfirmasi, diperkirakan akan tiba sekitar tahun depan.

Peningkatan mode Istirahatkan di Android 15 mewakili langkah praktis menuju pengelolaan baterai yang lebih baik bagi pengguna Android. Meskipun dampak pastinya pada masing-masing perangkat mungkin berbeda, transisi yang lebih cepat ke mode itu menawarkan langkah yang menjanjikan untuk mencapai masa pakai baterai siaga lebih lama.

SHARE:

Honda Janji Bawa 5 Mobil Baru di Ajang GIIAS 2024, Salah Satunya Model Konsep

Selain Manusia, Apple Watch Juga Bisa Mendeteksi Jantung Singa