Technologue.id, Jakarta – Ya, Google secara resmi sudah menggulirkan versi termutakhir OS mobile-nya, Android 7.0 Nougat. Seperti biasa, adalah Nexus dan Android One yang bisa mencicipinya terlebih dahulu.

Update ini akan diberikan via OTA secara bertahap ke seluruh dunia. Siap-siap saja menerima notifikasi upgrade tersebut di handset Anda.

Setelah Nexus dan Android One, ke mana saja suksesor Marshmallow itu bakal berlabuh? Sejauh ini, baru HTC yang mengonfirmasi pihaknya siap memberikan Android Nougat pada sejumlah produk unggulannya, seperti HTC 10, One A9, dan One M9. Namun, ada kans flagship seperti Samsung Galaxy S7, LG G5, atau Sony Xperia Z5 tak perlu mengantri selama ponsel kebanyakan.

Kalau Anda mencari smartphone baru yang langsung dijejali dengan Android 7.0 Nougat, tunggu saja LG V20 yang kemungkinan rilis tak lama lagi.

Bicara soal Android Nougat sendiri, Google mengklaim telah menganugerahkan 250 pembaruan pada OS ini. Yang paling menarik, versi redaksi, adalah fitur multi-window. Dengan fungsi tersebut, Anda dapat menjalankan dua aplikasi bersamaan dan menampilkannya bersama-sama di layar. Tentunya, produktivitas pun bisa terpacu. Selain itu, mengutip blog resmi Google (22/8/16), ada juga hal baru seperti penambahan emoji sebanyak 72 item, mode battery saver, direct boot yang mempersingkat proses booting, dan lain-lain.

Ilustrasi fitur Multi Window Android Nougat (source: Google)
Ilustrasi fitur Multi Window Android Nougat (source: Google)

 

Baca juga:

ANDROID TERUS LINDAS WINDOWS, BLACKBERRY, BAHKAN IOS

PONSEL LUMIA LAWAS JALANKAN ANDROID MARSHMALLOW

NOKIA JADI RILIS 3 ANDROID BARU, BUAT TAHUN INI?