Asus sedang getol mengejar deadline yang mereka buat sendiri untuk menghadiahkan Android 6.0 Marshmallow pada semua ponsel-ponselnya yang kompatibel sampai akhir bulan ini. Setelah Zenfone 2 Laser, mulai 8 Juni 2016, vendor asal Taiwan itu juga memberikan jatah Android Marshmallow untuk Asus Zenfone Max ZC550KL.

Seperti biasa, upgrade ini akan diberikan secara berkala. Kira-kira, pemberian jatah Marshmallow ke seluruh pengguna Zenfone Max ZC550KL bakalan berjalan sampai seminggu ke depan. Kalau belum mendapat notifikasi untuk upgrade, silakan buka Settings, About, lalu pilih System Update.

Selain membawa fitur bawaan dari Marshmallow sendiri, contohnya Google Now On Tap, pengaturan permissions, serta App Standby untuk mengurangi konsumsi baterai, ada pembaruan lain yang dibawa dalam software versi 13.8.26.31 tersebut. Yang jelas, Asus telah menghapuskan sejumlah bloatware di dalamnya. Alhasil, Anda tidak akan mendapati Asus Email, Asus Calendar, dan Asus Messaging.

“Update sistem operasi yang dihadirkan merupakan bukti bahwa Asus terus berupaya untuk meningkatkan kualitas user experience produk yang dipasarkan. Pengguna tidak perlu khawatir karena perangkat Asus akan terus dikembangkan meskipun sudah berada di tangan pengguna” sebut Juliana Cen, Country Product Group Leader, Asus Indonesia.

- Advertisement -

Namun demikian, Juliana menambahkan, sebelum melakukan upgrade sistem operasi, pengguna juga perlu memperhatikan satu hal. “Google tidak memberikan dukungan APP2SD pada sistem operasi Android 6 Marhmallow. Artinya, aplikasi yang diinstalasikan ke MicroSD tidak lagi didukung. Sebelum upgrade, pindahkan lokasi seluruh instalasi aplikasi ke internal storage,” tandasnya.