Android O Sudah Lahir, Penasaran?

Ilustrasi Android O (source: Google)

Technologue.id, Jakarta – Google tiba-tiba mengejutkan banyak orang, terutama developer dan pencinta Android. Anak perusahaan Alphabet Inc. itu telah meresmikan sistem operasi termutakhirnya, Android O.

OS yang kemungkinan besar nama lengkapnya baru diketahui beberapa bulan mendatang ini memang baru tersedia dalam versi Developer Preview. Alhasil, tak semua fitur, keunggulan, hingga kelemahannya diketahui. Akan tetapi dari preview awal yang diunggah blog resmi Android (21/03/17), punya beberapa pembaruan menarik dari Android Nougat.

Satu dari kemajuan yang cukup signifikan dari Android O bagi user adalah background limit. Fitur ini bisa membantu smartphone Anda untuk menghemat baterai lebih lama dari sebelumnya dengan ‘meredam’ aplikasi yang berjalan di background. Akan ada aplikasi-aplikasi yang dibatasi secara otomatis, mulai dari penggunaan jaringan sampai update lokasi.

Fitur notification channel di Android O (source: Google)

Ada juga fitur baru lainnya, seperti notification channel. Gunanya yaitu untuk mengkategorisasikan konten notifikasi di handset Anda kelak. Mode Picture in Picture (PIP) adalah fitur anyar lain yang diadaptasi dari Android TV. PIP dapat mempersilakan user untuk tetap menonton video sembari mengakses aplikasi lainnya.

Fitur lain yang tak boleh kelewatan untuk dicoba nantinya adalah adanya LDAC codec yang membuat kualitas codec audio di Bluetooh menjadi lebih baik, Wi-Fi Aware yang memungkinkan aplikasi dan perangkat terdetak berkomunikasi via Wi-Fi tanpa internet access point, serta Autofill API yang berguna untuk menyimpan dan mengamankan data pribadi Anda, seperti alamat, nama, dan password, agar transaksi Anda di dunia maya lebih cepat.

Redaksi akan memaparkan lebih jauh terkait fitur-fitur Android O yang barangkali bisa membuat Anda ingin buru-buru mendapatkan update-nya. Stay tune!

 

Baca juga:

40 Persen Aplikasi Android Disusupi Backdoor

Yes, Google Assistant Siap Datangi HP Android Anda!

Mau Kerja di Google, Apple, Atau Microsoft? Kuasai Dulu Skill Ini!