Technologue.id, Jakarta – Rasa penasaran netizen atas kepanjangan nama Android N akhirnya terhapus juga. Di ujung bulan Juni kemarin, Google secara resmi memperkenalkan Nougat (dibaca nuuga) sebagai singkatan dari Android N.

Seperti versi sebelum-sebelumnya, nama untuk OS Android 7.0 ini juga berasal dari nama kudapan. Terbuat dari gula atau madu, kacang panggang, dan terkadang ada campuran buahnya, nougat dikategorikan sebagai permen. Rasanya pun jelas tidak kalah lezat dibanding Jelly Bean ataupun Lollipop.

Namun, redaksi sendiri agak menyayangkan pemilihan nama Nougat ini. Pasalnya, ketika melihat deretan nama yang sudah disumbangkan oleh masyarakat pada Google, ternyata ada sejumlah nama jajanan khas Indonesia yang masuk sebagai nominasi, yaitu ‘nastar’ dan ‘nagasari’.

Kalau tidak percaya, cek saja video pengenalan Android Nougat berikut dan perhatikan dengan seksama pada detik ke-9 dan 23.

Bagi yang belum tahu, nagasari adalah kue berbalut daun pandan yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang. Sementara nastar, tidak usah diragukan lagi popularitasnya. Pasti Anda sudah biasa melihat kue kering berwarna kuning yang kerap disajikan sebagai kudapan di hari besar keagamaan di Tanah Air itu, kan?

Sedikit berandai-andai, semisal Google mengadopsi nama Android Nastar, tentunya ini akan menjadi momen yang sangat menyenangkan bagi user Android di Indonesia, terutama yang beragama Islam. Sebab, bulan ini bertepatan pula dengan Hari Raya Idul Fitri, momen ketika nastar bisa sangat mudah dijumpai.

Namun apalah guna mengeluh. Toh pemilihan Nougat sebagai inisial Android N sudah dilakukan dan rasanya hampir tidak mungkin Google bakal menganulirnya. Mari berharap di lain kesempatan kudapan asal Indonesia bisa go international; salah satunya dengan menjadi sebutan versi OS terpopuler di dunia sekarang itu.

 

Baca juga :

TIPS MENGUBAH LAMAN UTAMA ANDROID MENJADI LANSEKAP

SAMSUNG DAN ANDROID PUTUS?

PENGGUNA ANDROID MARSHMALLOW DUNIA MENINGKAT DRASTIS