Technologue.id, Jakarta – Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Android adalah penguasa sistem operasi untuk perangkat mobile saat ini. Survei terbaru dari Gartner pun menegaskan hal tersebut.

Pada kuartal kedua 2016 ini, 297 juta unit smartphone dengan OS bikinan Google itu telah berpindah tangan ke konsumen. Dari pantauan Gartner, jumlah itu naik 4 persen dari tahun lalu.

Penantang terbesar mereka, iOS, faktanya cuma menguasai 13 persen pasar dalam sekala global. Ya, tercatat, hanya 44 juta iPhone yang laku sedari April sampai Juni tahun ini, lebih sedikit dari Q2 2015 yang menyentuh 48 juta unit.

Bagaimana dengan smartphone pengusung OS lainnya? Windows dan BlackBerry layak disebut sudah tak bertaji lagi. Sangat sulit bagi mereka untuk bisa merusak pesta Android atau menggeser iOS dengan market share kurang dari 1 persen saja.

- Advertisement -

OS mobile terpopuler di dunia Q2 2016 (source: Gartner)

Alhasil, duopoli Android dan iOS, yang kalau pangsa pasarnya dikombinasikan mencapai lebih dari 99 persen itu, diprediksi akan bertahan lama. Akan tetapi, jika iPhone benar-benar tak bisa mengimbangi inovasi-inovasi vendor Android, jelas Android bakal menggilas Apple seperti yang sudah mereka lakukan pada Windows dan BlackBerry.

Ada komentar mengenai fakta ini?

 

Baca juga:

NOKIA JADI RILIS 3 ANDROID BARU, BUAT TAHUN INI?

BELI ANDROID BEKAS? CARI TAHU APAKAH HP ITU SUDAH DI-ROOT ATAU BELUM

INI DIA PONSEL ANDROID TERLARIS 2016

Share this