Technologue.id, Jakarta – Dewasa ini, sudah banyak orang yang terkoneksi dengan internet lewat jaringan Wi-Fi. Sayangnya, tak semua di antara mereka mengetahui singkatan dari transmisi nirkabel itu.

Mengutip HowToGeek (14/6/16), pemahaman soal arti dari kata Wi-Fi sendiri sebenarnya masih rancu, sehingga perdebatan dan diskusi soal ini kerap muncul.

Namun faktanya, Wi-Fi bukanlah kata singkatan. Jadi, ‘Wi’ dan ‘Fi’ kalau terpisah┬átidak memiliki arti sendiri maupun kependekan dari kata lain.

Nama dan logo Wi-Fi diciptakan sebagai merek dagang untuk mempermudah penyebutan IEEE 802.11b Direct Sequence ciptaan Wi-Fi Alliance. Jadi, Konsultan Interbrand Corporation lah pencetusnya.

- Advertisement -

Kendati demikian, tak sedikit yang mempercayai Wi-Fi adalah kependekan dari Wireless Fidelity. Kata tersebut sebenarnya adalah tagline yang menemani brand Wi-Fi, yang memiliki kepanjangan, ‘The Standard for Wireless Fidelity’. Namun Wi-Fi bukan singkatan dari Wireless Fidelity karena dua kata itu dibuat sekadar mencocokkan brand Wi-Fi.

Bagaimana, sudahkah Anda memahami asal-usul Wi-Fi?