Anda tentu menyadari kalau iPhone diciptakan dengan mengusung fitur-fitur canggih. Yang menjadi permasalahannya sekarang adalah bagaimana Anda memanfaatkannya.

Contoh sederhananya, Apple membekali iPhone dengan fitur Do Not Disturb (DND) dan Mute. Secara general, dua fitur itu sama-sama berguna untuk membantu Anda sejenak menjauh dari layar. Namun sebenarnya, kedua fitur itu punya perbedaan yang cukup mencolok.

Menurut HowToGeek, fitur Mute mudahnya akann membuat iPhone Anda bisu. Begitu Anda menyalakannya, Anda tak akan mendengar nada dering telepon masuk, SMS, dan notifikasi apa pun.

Masalahnya, Mute ini baru bisa dinonaktifkan kalau Anda mematikannya sendiri. Alhasil jika Anda lupa dan membiarkan Mute aktif sepanjang hari, maka Anda mungkin saja akan melewatkan telepon atau kabar penting yang masuk ke ponsel Anda.

Di sisi lain, Anda boleh sedikit berkreasi melalui fitur Do Not Disturb. DND bisa aktif dengan sendirinya jika di-schedule sekaligus membebaskan Anda mengkustomisasi notifikasi yang ingin diterima. Misalnya, iPhone Anda tak akan berdering ketika ada panggilan masuk, kecuali yang menelepon adalah kontak terpenting atau terfavorit yang sudah Anda tandai sebelumnya. Caranya, atur saja di Settings, kemudian pilih opsi Do Not Disturb.

Untuk mengaktifkan DND secara manual, seret bagian bawah layar iPhone Anda ke atas untuk mengakses Control Center, lalu tap ikon bulan. Ketika DND aktif, maka Anda akan melihat simbol bulan sabit di bar notifikasi iPhone Anda.

Kesimpulannya, fitur Mute cocok untuk digunakan dalam waktu dekat, misalnya ketika sedang rapat atau menonton film di bioskop. Sedangkan penggunaan DND disarankan untuk Anda yang membutuhkan quality time tanpa smartphone selama beberapa jam, contohnya saat sedang tidur atau bekerja.