Apa Perbedaan Samsung Galaxy J5 Pro dan Galaxy J5 Prime?

Samsung Galaxy J5 Pro vs Galaxy J5 Prime (source: Samsung)

Technologue.id, Jakarta – Meski dikenal luas lewat smartphone dari seri Galaxy S dan Note, Samsung pada dasarnya juga punya seri lain yang begitu diminati masyarakat karena harganya terjangkau, yakni seri J. Belum lama ini, pabrik dari Negeri Ginseng itu memperbarui portofolio seri J-nya dengan mengenalkan Galaxy J5 Pro.

Sebelumnya, Samsung sendiri sudah mengeluarkan Galaxy J5 Prime di Indonesia. Lalu, apa perbedaan di antara keduanya, mengingat dari depan penampilannya tak jauh berbeda?

Secara umum, Galaxy J5 Pro adalah versi upgrade dari Galaxy J5 Prime. Pertama, hal ini terbukti dari perbedaan kapasitas RAM dan ROM. Ketika Galaxy J5 Prime masih mengandalkan RAM 2GB dan ROM 16G, Galaxy J5 Pro sudah memakai RAM 3GB dan ROM 32GB.

Samsung Galaxy J5 Pro (source: Samsung)

Kemudian, jeroan Galaxy J5 Pro juga telah ditingkatkan, kini memakai prosesor Octa-Core dengan speed 1.6GHz. Beda dengan Galaxy J5 Prime yang masih menggunakan prosesor Quad-Core 1.4GHz.

Galaxy J5 Pro yang berukuran 5,2 inci pun memiliki kamera selfie yang resolusinya lebih tinggi dibandingkan saudaranya itu, yakni 13MP berbanding 5MP. Namun untuk kamera belakang, resolusinya sama-sama 13MP, kendati bukaan Galaxy J5 Pro sudah f/1.7 dan lawannya masih f/1.9.

Selebihnya, baik Galaxy J5 Pro dan Prime sama-sama dibekali dengan sensor pemindai sidik jari, dual-SIM, dukungan ke jaringan 4G LTE, Wi-Fi Direct, dan berlayar HD (720×1280 piksel).

Samsung Galaxy J5 Prime (source: Samsung)

Soal harga, dari observasi redaksi ke beberapa e-commerce, keduanya terpaut cukup jauh sekitar Rp1 jutaan. Galaxy J5 Pro di pasaran dilego Rp3 jutaan, sementara Galaxy J5 Prime Rp2 jutaan saja.

 

Baca juga:

Samsung Jual Lagi Galaxy Note 7 dengan Nama Galaxy Note Fan Edition

Samsung Luncurkan Smartphone Galaxy Folder 2

Samsung Notebook 9 Pro, Laptop Premium yang Lengkap dengan Stylus