Technologue.id, Malang – Berhasrat memeriahkan kembali pasar smartphone Tanah Air sejak 2016, Motorola tidak mau setengah-setengah. Setelah “hanya” menghadirkan Moto E3 Power sebagai pembuka, anak perusahaan Lenovo itu langsung menggebrak dengan flagship Moto Z di awal 2017 kemarin.

Seperti di negara lain yang dimasuki Moto Z Series, masyarakat Indonesia pun turut disajikan Moto Mods, yakni teknologi modular pelengkap kemampuan ponsel premium tersebut. Ada mods kamera karya Hasselblad, speaker dari JBL, power pack atau baterai cadangan, hingga proyektor. Nah, dari mods-mods tersebut, manakah yang terlaris di sini?

Menurut Effendy Susanto, Lead Trainer Lenovo Indonesia, mods yang paling diminati konsumen Tanah Air justru kamera dan proyektor. “Di bulan-bulan awal launching, yang sold out duluan malah dua itu. Sampai-sampai kita kehabisan stok karena stok batch berikutnya belum masuk. Jadi, responsnya [masyarakat terhadap aksesori modular] sebenarnya cukup bagus.”

Fenomena di lapangan ini ternyata sedikit di luar perkiraan pihak Lenovo Indonesia. Sebab, sebelumnya diperkirakan mods speaker-lah yang bakal laris. Apalagi banderol per unit mods SoundBoost Speaker karya JBL itu cuma Rp1,5 jutaan, jauh di bawah mods Hasselblad True Zoom dan Insta-Share Projector yang seharga Rp3,5 dan Rp4,5 jutaan.

“Kita cukup kaget karena bukan mods speaker yang terlaris di sini. Karena dari segi harga, mods speaker sebenarnya lebih terjangkau daripada proyektor,” tambahnya, saat berbincang dengan Technologue.id, Sabtu (29/07/17), selepas acara d’Youthizen Malang.

Lenovo sendiri biasa menghadirkan beragam promo untuk menggoda calon konsumen Moto Z series sekaligus terus meningkatkan awareness terhadap inovasi modular yang diusungnya. Saat me-launching Moto Z, misalnya, tiap pembelian paket bundling, konsumen boleh membawa pulang mods Power Pack alias baterai tambahan secara cuma-cuma. Sedangkan bulan Agustus 2017 ini, akan ada potongan harga untuk pembelian mods tertentu hingga gratis mods SoundBoost Speaker JBL.

 

Baca juga:

5 Keunggulan Moto Z2 Play daripada Moto Z, Nomor 4 Mungkin Anda Cari!

Motorola Menambah Barisan Mods untuk Moto Z

Review: Motorola Moto C, Smartphone Ekonomis dengan Android Nougat