Apa yang Harus Dilakukan Saat Ponsel Android Tak Bisa Di-charge?

Editor : Denny Mahardy

Technologue.id, Jakarta – Pernah menghubungkan smartphone Android dengan charger tetapi tak ada reaksi? Tak usah khawatir berlebihan. Sebenarnya, ini bukan problem yang sangat langka. Namun untungnya, penanganan sederhananya juga ada.

Ya, ada beberapa alasan mengapa gawai Android Anda tak bisa di-charge. Untuk mengatasinya, silakan coba beberapa langkah mudah berikut ini:

1. Lakukan soft reset
Beda dengan command restart biasa, soft reset adalah menonaktifkan dulu smartphone Anda lalu menyalakannya lagi secara manual. Ini termasuk solusi pertama yang perlu Anda coba. Karena bisa adi, ada aplikasi tertentu yang berjalan di backgound dan mempengaruhi kinerja baterai Anda.

2. Coba charger lainnya
Ada kemungkinan, charger Anda yang mengalami kerusakan, entah itu adapternya atau baterainya. Jadi, jangan berburuk sangka dulu pada kondisi baterai handset Anda. Kalau kerusakan ada di charger kan masih mending karena harga charger orisinal tak semahal gadget baru Anda.

Pastikan juga Anda sudah mencoba mengisi daya ponsel dengan charger bawaan pabrik atau yang orisinal. Biasanya, karena charger tidak kompatibel, maka baterai tak mau terisi ataupun bisa terisi tapi fitur fast charging (kalau ada) tidak berjalan.

3. Perbaiki atau bersihkan port USB
Ini masalah yang mulai sedikit serius. Sebelum menduga adanya eror di baterai, coba periksa dengan senter apakah ada kerusakan fisik atau ada benda padat yang menempel pada pada port USB Anda. Hal ini bisa terjadi karena permukaan metalik di dalam USB rusak akibat keseringan ditancapkan plus dilepaskan.

4. Instal Ampere
Aplikasi gratisan ini memungkinkan Anda untuk mengecek beragam detail informasi terkait baterai, termasuk performa dan kondisinya. Coba periksa perbedaan temperature baterai ketika sedang dicolokkan ke charger dan tidak. Umumnya, temperature baterai akan lebih panas ketika sedang di-charge.

5. Ganti baterai
Jika keempat langkah di atas langkah di atas sudah dilakukan dan hasilnya nihil, saatnya mempertimbangkan untuk membawanya ke service center atau mengganti baterainya. Kondisi sumber daya smartphone yang buruk pada dasarnya terlihat dari penampakan fisiknya, seperti baterai menggelembung atau permukaannya tak rata lagi.

Coba keluarkan baterai dari ponsel, lalu putar di lantai. Kalau baterai berputar, maka itu tandanya Anda butuh baterai baru.

Akan tetapi apabila gadget Anda mengusung baterai tanam, baiknya langsung dibawa ke service center karena penangannnya berbeda dengan baterai removable biasa.

Semoga tips yang dikutip dari MakeTechEasier (21/07/17) ini dapat membantu Anda menyelesaikan problematika baterai HP eror.

 

Baca juga:

Begini Caranya Untuk Mempercepat Jaringan 3G Anda

Tips Memilih Powerbank Berkualitas

Tips: Cara Ampuh Rekam Permainan di Android dengan Mudah

Latest News

Akhirnya, Redmi Bakal Bikin Handphone Gaming Pertamanya

Sebelumnya Redmi selalu dikaitkan dengan Xiaomi. Namun pada 2019 silam, Redmi pisah dari Xiaomi. Tak lama, Redmi merilis ponsel berkamera 48 megapiksel...

Amazon Siap Jadi Kurir Vaksin Covid-19

Pandemi virus corona masih menghantui banyak orang di dunia. Peneliti di berbagai negara pun terus melakukan riset untuk menemukan vaksin Covid-19. Dengan...

Sharp AQUOS Sense4, Ponsel Terjangkau dengan Kuliatas Premium

Sepanjang tahun 2020 lalu pasar Smartphone di Indonesia terlihat menggairahkan, terhitung sampai dengan bulan November 2020 kemarin penjualan smartphone mampu menyerap  angka...

Mulai Hari Ini, PlayStation 5 Dijual di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - PlayStation 5 resmi hadir di Indonesia. Konsol game Sony generasi teranyar ini sudah dapat dibeli mulai hari ini, Jumat...

Rilis Smartphone Harga Terjangkau, Sharp Yakin Bisa Bersaing di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Sharp dengan percaya diri hadir dengan Sharp AQUOS Sense4 untuk bersaing dengan pasar smartphone di Indonesia. Ponsel ini dilengkapi...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here