Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Apakah Akun Anda Sudah Pernah Dibobol Orang? Begini Cara Cari Tahunya
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Dunia maya sejatinya bukanlah tempat yang aman. Selain ada potensi serangan dari virus atau malware, hacker juga banyak berkeliaran di tengah-tengah netizen biasa lainnya. Kalau tidak waspada, Anda pun bisa saja jadi korban berikutnya. Tak tanggung-tanggung, sudah banyak kasus peretasan yang dialami perusahaan-perusahaan ternama dan pribadi. Kebanyakan, hasil dari pembobolan data sensitif itu dijual di dark web dan sangat mungkin jatuh ke orang tak bertanggung jawab. Untungnya, sekarang ada cara mudah untuk mengetahui apakah akun Anda sudah masuk di database curian dark web. Caranya yaitu dengan memanfaatkan bantuan dari situs https://haveibeenpwned.com/.

Baca juga:

Tak Banyak yang Tahu, Ini Cara Lakukan WA Call Tanpa Buka WhatsApp

Cara kerja situs ini amatlah mudah. Masukkan saja alamat email atau username yang Anda gunakan di kolom pencarian yang tersedia di tampilan utama. Lalu klik tombol "pwned?". Apabila Anda masih dalam kondisi aman, situs tersebut akan memberikan "ucapan selamat", tetapi tidak jika Anda pernah diretas sebelumnya. [caption id="attachment_28917" align="alignnone" width="673"]Apakah Akun Anda Sudah Dibobol Orang? Begini Cara Cari Tahunya Hasil pengecekan dari Haveibeenpwned.com (Ulwan Fakhri Noviadhista / Technologue.id)[/caption] Tanpa ragu, haveibeenpwned.com bakal menjelaskan pada Anda database pihak ketiga yang berhasil diretas oleh hacker berisi akun Anda. Saat penulis coba memasukkan email pribadi, misalnya, tak diduga ternyata alamat surel tersebut pernah diakses secara ilegal oleh hacker dan dirilis secara publik, tepatnya dari layanan Zomato yang di tahun 2017 lalu diserang dan 17 juta akun penggunanya bocor.

Baca juga:

Cara Memperbaiki Browser Safari yang Crash di iPhone

Ulangi cara yang sama jika Anda punya banyak akun dan ingin mengecek keamanannya. Klik juga link "Notify me when I get pwned" kalau Anda ingin diberi tahu lebih awal ketika akun Anda dibobol. Haveibeenpwned.com sendiri mengklaim pihaknya telah berhasil mengumpulkan data dari 270 situs yang sudah dibobol oleh hacker, dengan total akun hampir 5 miliar.

Baca juga:

Begini Cara Mewaspadai Adanya Penyusup di Grup WhatsApp

[caption id="attachment_28918" align="alignnone" width="673"]Apakah Akun Anda Sudah Pernah Dibobol Orang? Begini Cara Cari Tahunya Hasil pengecekan dari Haveibeenpwned.com password (Ulwan Fakhri Noviadhista / Technologue.id)[/caption] Selain Haveibeenpwned.com, redaksi merekomendasikan pula pada Anda untuk mencoba laman Pwned Password page di https://haveibeenpwned.com/Passwords. Hampir sama dengan situs induknya, laman satu ini dapat memberitahukan pada Anda apabila kata sandi Anda pernah dibocorkan di internet.

SHARE:

3 Website untuk Bikin Kartu Ucapan Digital Idul Fitri 2024

Tips Belanja Online Nyaman Aman Di Hari Raya