Apakah Akun Anda Sudah Pernah Dibobol Orang? Begini Cara Cari Tahunya

Technologue.id, Jakarta – Dunia maya sejatinya bukanlah tempat yang aman. Selain ada potensi serangan dari virus atau malware, hacker juga banyak berkeliaran di tengah-tengah netizen biasa lainnya. Kalau tidak waspada, Anda pun bisa saja jadi korban berikutnya.

Tak tanggung-tanggung, sudah banyak kasus peretasan yang dialami perusahaan-perusahaan ternama dan pribadi. Kebanyakan, hasil dari pembobolan data sensitif itu dijual di dark web dan sangat mungkin jatuh ke orang tak bertanggung jawab.
Untungnya, sekarang ada cara mudah untuk mengetahui apakah akun Anda sudah masuk di database curian dark web. Caranya yaitu dengan memanfaatkan bantuan dari situs https://haveibeenpwned.com/.

Baca juga:

Tak Banyak yang Tahu, Ini Cara Lakukan WA Call Tanpa Buka WhatsApp

Cara kerja situs ini amatlah mudah. Masukkan saja alamat email atau username yang Anda gunakan di kolom pencarian yang tersedia di tampilan utama. Lalu klik tombol “pwned?”. Apabila Anda masih dalam kondisi aman, situs tersebut akan memberikan “ucapan selamat”, tetapi tidak jika Anda pernah diretas sebelumnya.

Apakah Akun Anda Sudah Dibobol Orang? Begini Cara Cari Tahunya
Hasil pengecekan dari Haveibeenpwned.com (Ulwan Fakhri Noviadhista / Technologue.id)

Tanpa ragu, haveibeenpwned.com bakal menjelaskan pada Anda database pihak ketiga yang berhasil diretas oleh hacker berisi akun Anda. Saat penulis coba memasukkan email pribadi, misalnya, tak diduga ternyata alamat surel tersebut pernah diakses secara ilegal oleh hacker dan dirilis secara publik, tepatnya dari layanan Zomato yang di tahun 2017 lalu diserang dan 17 juta akun penggunanya bocor.

Baca juga:

Cara Memperbaiki Browser Safari yang Crash di iPhone

Ulangi cara yang sama jika Anda punya banyak akun dan ingin mengecek keamanannya. Klik juga link “Notify me when I get pwned” kalau Anda ingin diberi tahu lebih awal ketika akun Anda dibobol.

Haveibeenpwned.com sendiri mengklaim pihaknya telah berhasil mengumpulkan data dari 270 situs yang sudah dibobol oleh hacker, dengan total akun hampir 5 miliar.

Baca juga:

Begini Cara Mewaspadai Adanya Penyusup di Grup WhatsApp

Apakah Akun Anda Sudah Pernah Dibobol Orang? Begini Cara Cari Tahunya
Hasil pengecekan dari Haveibeenpwned.com password (Ulwan Fakhri Noviadhista / Technologue.id)

Selain Haveibeenpwned.com, redaksi merekomendasikan pula pada Anda untuk mencoba laman Pwned Password page di https://haveibeenpwned.com/Passwords. Hampir sama dengan situs induknya, laman satu ini dapat memberitahukan pada Anda apabila kata sandi Anda pernah dibocorkan di internet.

Latest News

9 Fitur Tersembunyi Samsung Galaxy Note20 Series yang Jarang Diketahui

Technologue.id, Jakarta - Didapuk menjadi smartphone flagship, sudah barang tentu Galaxy Note20 mengemas kelebihan-kelebihan yang akan mempermudah penggunanya dalam melalukan aktivitas melalui...

Tim Cook Bagikan Foto Para Pemilik Pertama iPhone 12

Technologue.id, Jakarta - Bos Apple, Tim Cook membagikan foto para pemilik pertama iPhone 12 yang baru saja diluncurkan. Foto itu ia unggah...

Realme Siap Luncurkan Smartphone Narzo 20 dan Produk AIoT

Technologue.id, Jakarta - realme hari ini mengkonfirmasi akan meluncurkan realme narzo 20 dan realme narzo 20 Pro khusus untuk gamer muda.

WhatsApp Boyong Fitur Baru di Versi Website

Technologue.id, Jakarta - WhatsApp dikabarkan akan segera menghadirkan dua fitur tambahan di versi websitenya. Fitur tersebut adalah video call dan voice call...

Hacker Rusia dan Iran Kompak Susupi Pilpres AS

Technologue.id, Jakarta - Pemilihan Presiden (Pilpres) AS dikabarkan telah disusupi oleh sindikat hacker asal Rusia dan Iran. Mereka telah berhasil masuk ke...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here