Apakah Apple Bukan Lagi Brand Eksklusif?

Steve Jobs saat memperkenalkan iPhone (source: Apple)

Technologue.id, Jakarta – Sudah cukup lama, image Apple amat lekat dengan teknologi canggih yang tak sembarang orang bisa memiliki. Sebab, harga gawai berlogo apel tergigit itu kerap berada di atas rata-rata banderol kompetitornya, mulai dari segmen smartphone hingga smartwatch.

Namun kini, ada indikasi raksasa Cupertino itu berniat menanggalkan julukan eksklusifnya. Melansir BusinessInsider (22/03/17), hal ini bisa dilihat dari langkah Apple yang merilis iPad anyar dengan harga terjangkau. iPad baru berukuran 9,7 inci itu dijual Rp 4 jutaan saja, jauh lebih murah daripada iPad Pro dengan ukuran yang sama seharga Rp 8 jutaan.

Analis Apple, Neil Cybart, juga punya contoh lainnya. Ia mencatat bahwa banderol AirPods, earbud wireless yang diciptakan untuk iPhone 7, sebenarnya dijual lebih murah dibandingkan aksesori sejenis lainnya. Selain itu, Apple Watch juga ia nilai lebih murah ketimbang jam pintar lain buatan merek ternama seperti Samsung maupun Fossil.

Masih menurut Neil, dampak dari dimurahkannya harga dua produk itu diprediksi akan mampu mendongkrak penjualan iPhone. Argumen ini lumayan masuk akal, terlebih jika digunakan untuk memacu konsumen membeli iPhone yang bakalan lahir tahun ini. Pasalnya, iPhone 8, sebagaimana produk itu diyakini bakal disebut, diisukan ber-price tag cukup tinggi, yaitu mencapai Rp 13 jutaan.

Jadi, apakah Anda percaya dengan teori strategi marketing baru Apple ini? Ataukah Anda punya pendapat lainnya?

 

Baca juga:

Di Negeri Paman Sam, Apple Masih Lebih Unggul Ketimbang Samsung

Kata Siapa Smartphone Samsung dan Apple Masih Populer? Ini Buktinya!

iPhone 7 Plus Milik Wanita Ini Meledak! Apa yang Apple Lakukan?