Technologue.id, Jakarta – Spam adalah salah satu hal yang cukup menyebalkan, dan semakin hari, jumlahnya semakin bertambah. Oleh karena itu, Google kini menyematkan anti spam pada salah satu aplikasi populernya, Android Messages.

Mengutip dari TheVerge (03/01/19), Google baru saja mengonfirmasi bahwa Android Messages secara default kini sudah memiliki fitur automatic spam protection. Dan aplikasi versi terbarunya pun kini sudah mulai didistribusikan.

Dengan adanya fitur automatic spam protection, aplikasi Android Messages akan menganalisis pesan yang sudah dikirimkan ke nomor pengguna sebelum akhirnya ditampilkan pada kolom inbox. Sementara yang terindikasi spam akan diblokir oleh fitur tersebut.

Baca Juga:
Sepanjang 2018, Pertumbuhan Panggilan Spam Mencapai 300 Persen

Kalaupun ada pesan yang belum teridentifikasi sebagai spam, pengguna bisa menandai dan melaporkannya sebagai spam. Untuk bisa menampung dan menandai pesan spam, Google melakukan penyimpanan nomor telepon untuk sementara waktu.

- Advertisement -

“Untuk membantu mengidentifikasi para pengirim spam, Google sementara waktu akan menyimpan nomor telepon dari pengirim maupun penerima pesan. Meski begitu, Google tidak menyimpan pesan yang dikirimkan ke nomor tertentu”, pernyataan Google melalui blog resminya.