HomeHeadlineAplikasi Android Sudah Bisa Jalan di Windows 11

Aplikasi Android Sudah Bisa Jalan di Windows 11

Technologue.id, Jakarta – Aplikasi Android secara resmi bisa digunakan pada sistem operasi anyar Windows 11. Saat ini sudah bisa dicoba pengguna yang terdaftar sebagai beta tester di Windows Insider Program.

Melansir blog resmi Windows, pengguna bisa mencoba aplikasi Android di Windows 11 dengan perangkat yang menggunakan prosesor Intel, AMD, dan Qualcomm. Sistem operasi anyar itu bisa menjalankan aplikasi Android tanpa modifikasi khusus.

“Hari ini, kami mengumumkan preview pertama dari pengalaman aplikasi Android kami ke dalam Windows Insider Program. Kami bangga memberikan pengalaman ini dengan mitra kami – Amazon dan Intel – kepada pengguna Beta Channel di Amerika Serikat pada perangkat yang memenuhi syarat yang menjalankan platform Intel, AMD, dan Qualcomm,” bunyi keterangan perusahaan, pada Rabu (20/10/2021).

Baca Juga:
Microsoft Rilis Update Pertama Windows 11

Salah satu keunggulan dari OS ini adalah kemampuan menjalankan aplikasi Android tanpa bantuan emulator, seperti Bluestacks, LeapDroid, dan sejenisnya.

Untuk bisa membawa aplikasi Android ke Windows 11, Microsoft bekerja sama dengan Amazon AppStore. Toko aplikasi Amazon ini nantinya terintegrasi dengan Microsoft Store baru untuk memudahkan pengguna mencari dan download aplikasi Android.

Perusahaan juga menggandeng Intel untuk pemanfaatan teknologi Intel Bridge agar aplikasi Android bisa beroperasi secara virtual dengan mulus di Windows 11, baik laptop berbasis prosesor Intel maupun AMD.

Baca Juga:
Cara Download Windows 11 Tanpa Perlu Tunggu Update

Selain menambah kemampuan menjalankan aplikasi Android, Windows 11 juga hadir dengan tampilan antarmuka pengguna (user interface) yang serupa dengan macOS. Posisi tombol Start dan ikon di taskbar secara default berada di tengah, mirip sekali dengan OS laptop buatan Apple.

Microsoft pun turut merombak ikon-ikon yang ada di Windows 11 menjadi lebih segar dan tegas, misal, tombol Start terlihat seperti jendela tegak lurus. Fitur Widget-nya kini lebih bersih dengan animasi yang mulus.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More