Technologue.id, Jakarta – Setelah diperlukan beberapa waktu dan proses dalam rangka memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), awal tahun 2017 ini Xiaomi akhirnya siap meramaikan pasar smartphone ‘rasa’ lokal di  Indonesia.

“Pada tahun 2015 Indonesia memasuki era jaringan 4G. Ini menjadi momen penting bagi masyarakat Indonesia. Sejak itu, fans kami memberikan dukungannya untuk menunggu kehadiran produk 4G Xiaomi. Maka kami pun lantas berusaha ingin segera memenuhi aturan TKDN,” kata Wang Xiang, Senior VP Xiaomi dalam acara bertajuk ‘Kami Buatan Indonesia’ Jumat kemarin (10/2/2017), di Jakarta.

Dengan menggandeng beberapa mitra, seperti PT Erajaya Swasembada Tbk, PT Sat Nusaperada Tbk, dan TSM Technologies, Xiaomi kini resmi mengumumkan smartphone pertama buatan Indonesia, yakni Redmi 4A. Ponsel yang dirakit di pabrik Sat Nusapersada di Batam akhirnya dilempar ke pasaran tanah air dengan harga sangat terjangkau, Rp 1,5 juta.

Menariknya lagi, Xiang berujar kalau Redmi 4A meluncur dengan berbagai fitur baru. Salah satu fitur tersebut bernama Dual Apps yang memungkinkan pengguna pakai aplikasi kembar. Ini berkat bawaan dari OS Android yang telah dibekali antarmuka besutan Xiaomi versi terbaru, MIUI 8.

“MIUI 8 membawa fitur yang sangat menarik. Fitur Dual Apps memiliki kemampuan untuk pengguna dapat memakai dua aplikasi sekaligus. Aplikasi WhatsApp misalnya. Jika umum pada setiap ponsel hanya bisa mengaktifkan satu WA saja, sekarang di ponsel Redmi 4A Anda dapat gunakan dua akun secara bersamaan,” ungkap Xiang lagi.

Tak hanya aplikasi pesan instan saja, Xiang berujar kalau Dual Apps pun dapat menggandakan aplikasi lainnya, seperti Facebook. Sehingga, dari situ pengguna dapat memisahkan antara satu akun aplikasi tertentu untuk keperluan bekerja dan lainnya untuk urusan pribadi.

Soal penampilan fisik, Xiang mengungkap bahwa Redmi 4A hadir dengan tampilan yang sangat cantik. Ponsel memiliki layar seluas 5 inci HD Display dalam pilihan bodi warna gold dan rose gold. Xiaomi juga menawarkan bobot ponsel yang ringan, hanya 131,5 gram dan kerampingan 8,5 milimeter. Didalamnya juga tersemat baterai sebesar 3,120mA yang diklaim dapat bertahan 7 hari dalam keadaan standby. Kamera utama disematkan 13MP dan kamera depan 5MP.

Untuk kinerja, redmi 4A disokong prosesor Snapdragon 425 quad-core 64bit dengan RAM 2GB dan memori internal 16GB. Pengguna juga sudah bisa menemukan slot Dual SIM Card dalam jaringan koneksi 4G untuk internetan sangat cepat pada ponsel tersebut.