Aplikasi PeduliLindungi Kini Bisa Diakses via iPhone

Technologue.id, Jakarta – Aplikasi pelacak penyebaran virus Corona PeduliLindungi akhirnya tersedia di App Store. Dengan begitu, aplikasi ini sudah bisa diinstall di ponsel Android dan iOS.

Melalui keterangan resmi pada Selasa (14/4/2020), Menkominfo Johnny G Plate mengatakan, “Dengan hadirnya di App Store maka masyarakat pengguna iPhone dapat ikut menginstall. Semakin banyak yang menginstall semakin masif upaya kita memutus mata rantai COVID-19.”

Baca Juga:
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Peduli Lindungi dan TraceTogether

Aplikasi PeduliLindungi sendiri diklaim mampu menghentikan penyebaran virus Corona dengan mengandalkan partisipasi masyarakat. Aplikasi ini menggunakan data yang diproduksi oleh gadget pengguna dan juga Bluetooth aktif.

Dengan jaringan Bluetooth ini nantinya akan terjadi perukaran informasi antar penggunanya terkait potensi terinfeksi virus corona dalam radius dua meter. Aplikasi ini akan mengidentifikasi orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan PDP, PDP, dan pasien positif Corona.

Baca Juga:
Pemerintah Hadirkan Aplikasi 10 Rumah Aman, Efektif Gak Lawan Corona?

Jika di antara pengguna tersebut terdeteksi mempunyai riwayat kontak dengan orang yang berpotensi terinfeksi virus Corona, aplikasi ini akan memberikan peringatan kepada pengguna lainnya untuk berhati-hati dan tetap menjaga jarak.

Saat ini aplikasi PeduliLindungi sudah mencapai 450 ribu pengguna di Indonesia. Dengan tersedianya aplikasi ini di App Store, diharapkan akan menggaet lebih banyak pengguna lagi.