Home Apps Aplikasi Sampingan Catat Kenaikan Jumlah Mitra Lebih Dari Tiga Kali Lipat

Aplikasi Sampingan Catat Kenaikan Jumlah Mitra Lebih Dari Tiga Kali Lipat

Technologue.id, Jakarta – Di tengah gelombang pandemi COVID-19, platform solusi manajemen tenaga kerja, Sampingan makin diminati oleh masyarakat sebagai destinasi mencari lowongan pekerjaan.

Selama masa pandemi, Sampingan mencatatkan kenaikan jumlah mitra (Kawan Sampingan) baik full-time maupun part-time sebesar lebih dari 3 kali lipat menjadi lebih dari 1 juta mitra dibandingkan periode sebelum pandemi, membuktikan kemampuan perusahaan dalam memberikan solusi bagi para tenaga kerja di tengah pandemi.

Baca Juga:
TikTok Jajal Fitur Lowongan Kerja

Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) ada 29,4 juta orang di Indonesia yang terdampak langsung dari adanya pandemi COVID-19. Jumlah tersebut termasuk mereka yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan dirumahkan tanpa upah.

CEO dan Co-Founder Sampingan Wisnu Nugrahadi mengatakan para pekerja termasuk kerah biru (blue collar) membutuhkan lebih dari sekadar sistem pencocokan kerja (job match maker) yang baik terutama di saat pandemi yang penuh ketidakpastian seperti sekarang ini.

“Mereka juga membutuhkan sistem yang membuat keseluruhan proses pekerjaan lebih mudah, seperti rekrutmen, pelatihan di tempat kerja, proses penggajian, hingga asuransi kesehatan. Melihat tantangan itu, kami berupaya memformalkan para pekerja kerah biru dan membantu mereka mengatasi ketidakpastian dalam bekerja dengan memanfaatkan teknologi,” tutur Wisnu.

Tak hanya terbukti dapat membantu memberikan kesempatan kerja bagi Kawan Sampingan, Wisnu menjelaskan, Sampingan juga semakin diandalkan oleh para rekan bisnis sebagai solusi workforce. Dengan penyempurnaan fitur dan layanan juga menjadikan rekan bisnis semakin mengandalkan platform Sampingan untuk proses staffing, terbukti hingga saat ini sudah ada lebih dari 150 perusahaan baik skala kecil maupun besar yang menjadi rekan bisnis Sampingan.

Baca Juga:
Kementerian Kominfo Buka Lowongan Kerja April 2021, Ini Info Lengkapnya

Sampingan melayani berbagai kebutuhan pekerjaan termasuk logistik dan pergudangan (logistics & warehousing), pemasaran lapangan (field marketing), riset (research), layanan pelanggan (customer experience), dan administrasi (back office).

Wisnu mengatakan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dalam mempekerjakan pekerja beragam, mulai dari efisiensi waktu untuk menentukan kandidat yang cocok, kurangnya tenaga dan waktu untuk mengawasi kinerja para pekerja serta tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk proses staffing terutama dalam jumlah besar.

“Melalui solusi komprehensif yang dapat dimanfaatkan seperti layanan mencari (recruitment), mengelola (managing) dan mempertahankan pekerja (retention), kami berupaya membantu perusahaan mengembangkan bisnisnya secara fleksibel. Solusi ini terbukti efektif dan semakin diandalkan para perusahaan untuk proses pencarian pekerja mereka,” tutur Wisnu.