Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Aplikasi VPN Milik Sensor Tower Ambil Data Pengguna Tanpa Izin
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Dua aplikasi besutan Sensor Tower dilaporkan telah mengambil data penggunanya tanpa izin. Aktifitas pencurian data ini ditemukan oleh BuzzFeed News. Dilansir dari Ubergizmo (13/3/2020), dua aplikasi tersebut adalah Adblock Focus dan Luna VPN. BuzzFeed News juga meyakini ada beberapa aplikasi lain milik Sensor Tower yang melakukan aktifitas serupa.

Baca Juga: Perusahaan Keamanan Siber China Tuding CIA Lakukan Aksi Spionase

Dikatakan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut akan meminta pengguna memasang sertifikat root ketika aplikasi diinstall. Itu memungkinkan pengembang aplikasi untuk mengakses seluruh data di ponsel pengguna. Menanggapi temuan itu, Sensor Tower berkilah dengan mengatakan bahwa mereka hanya mengumpulkan data untuk dianalisis. Mereka juga menegaskan seluruh data yang diambil juga bersifat anonim.

Baca Juga: Era Digital, Serangan Siber Tidak Pandang Bulu

Google dan Apple sendiri telah menghapus aplikasi milik Sensor Tower tersebut. Dua penyedia toko aplikasi itu juga mengatakan sedang menginvestigasi aplikasi lainnya. Temuan pencurian data lewat aplikasi ini bukanlah yang pertama kali. Raksasa media sosial, Facebook juga dikabarkan menciptakan aplikasi VPN yang mengumpulkan data pengguna secara diam-diam.

SHARE:

Deretan Perempuan Punya Andil Besar dalam Pengembangan Teknologi

Free Fire Terancam Diblokir, PBESI Sarankan Batasan Usia Mengakses Game