Technologue.id, Jakarta – Konektivitas 5G digadang-gadang bakal menjadi tren pada beberapa tahun mendatang. Dan Apple kemungkinan besar bakal mencoba menghadirkan modem 5G pada perangkatnya dengan melakukan akusisi pada perusahaan yang terkait.

Baca Juga:
Tahun Depan, Apple Siap Merilis iPhone Versi 5G?

Mengutip dari TheVerge (22/07/19), Apple dikabarkan akan mencoba untuk membeli bisnis modem smartphone berbasis 5G milik Intel yang selama ini ditelantarkan. Dan nilainya, diperkirakan akan mencapai US$ 1 triliun.

Sebelumnya, Intel sendiri sempat mengumumkan bahwa mereka secara resmi keluar dari bisnis modem selular berbasis 5G pada April 2019 lalu. Hal itu dilakukan setelah Apple melakukan kerja sama dengan Qualcomm sebagai vendor untuk pengadaan modem bagi smartphone buatan Apple.

Baca Juga:
MediaTek Perkenalkan Chipset yang Dukung 5G

Dengan adanya kerja sama dengan Qualcomm, Apple sejatinya tidak lagi bekerja sama dengan Intel untuk penggunaan komponen modem 5G pada smartphone. Oleh karenanya, mencoba untuk melakukan akuisisi pada bisnis modem 5G milik Intel guna mengembangkan komponen tersebut bersama dengan Qualcomm. Dan akusisi tersebut juga meliputi staff yang sebelumnya bekerja untuk Intel.

Intel sendiri sebelumnya sempat menjadi pihak ketiga sebagai penyedia komponen modem 4G bagi jajaran iPhone tahun 2018 lalu. Bahkan, jauh sebelum itu, Intel sebelumnya juga pernah ditunjuk Apple untuk menyediakan modem bagi iPhone terdahulu.

Namun di sisi lain, jajaran smartphone Android justru menggunakan modem buatan Qualcomm atau malah mengembangkannya secara in-house.