Technologue.id, Jakarta – Entah apakah karena ingin memperkuat platform streaming lagu buatannya sendiri, Apple Music, atau murni karena kepincut dengan apa yang sudah dilakukan Shazam, Apple disebut akan membeli aplikasi yang mampu mengidentifikasi musik, film, hingga TV show tersebut. Perusahaan yang berbasis di Cupertino itu konon sudah siap menggelontorkan dana senilai lebih dari Rp5 triliun.

Baca juga:

Apa Kabar Mobil Pintar Apple?

Mengutip AndroidAuthority (09/12/2017), ada beberapa spekulasi mengapa Apple berhasrat memiliki perusahaan yang bermarkas utama di Inggris itu. Pertama, layanan pendeteksi musik itu sudah mengimplementasikan fitur song ID pada iPhone dan Mac. Alhasil, para Apple fan boy bisa mendapatkan informasi mendetail, seperti penyanyi dan judulnya, dari sebuah lagu yang mungkin masih asing baginya.

Baca juga:

Apple Kalahkan Asus di Pasar Laptop, Berkat Produk Ini

Di samping itu, Shazam telah memiliki tool background listening, yang memungkinkannya untuk mengenali lagu dan audio clip. Diyakini, fitur ini akan sangat membantu kinerja speaker pintar Apple generasi mendatang, HomePod.

Namun, satu spekulasi menarik mengapa Apple kepincut dengan perusahaan yang sudah berumur 18 tahun itu bisa jadi karena Shazam diam-diam juga sedang terjun di arena augmented reality. Belum banyak terungkap apa yang ditawarkan Shazam dengan teknologi AR rancangannya, tetapi sepertinya visi ini selaras dengan Apple yang fokus memperkuat iOS 11 dengan AR pula.

Baca juga:

Apple Launching iPhone X Versi Murah Tahun Depan?

Kalau akuisisi ini benar-benar terjadi, apakah Apple bakalan menarik Shazam dari Google Play Store yang notabene adalah platform penghalang kedigdayaan mereka di industri smartphone? Bagaimana menurut Anda?