Technologue.id, Jakarta – Sudah menjadi rahasia umum, Apple dan Microsoft adalah rival bebuyutan. Tak cuma bersaing melahirkan inovasi, mereka juga kerap berseberangan dalam beberapa hal, contohnya dari segi bisnis. Yang terbaru, mereka bahkan tak sepaham dalam pemilihan emoji.

Ya, beberapa waktu lalu, Apple menghadirkan emoji pistol air untuk menggantikan emoji senjata api berwujud revolver. Ini hanyalah satu dari sekian upgrade yang diberikan di iOS 10 untuk iPhone dan iPad.

Menariknya, di Windows 10 Anniversary Update, Microsoft malah melakukan yang sebaliknya. Emoji pistol yang lebih tampak imajinernya itu digantikan dengan emoji revolver yang lebih mirip dengan aslinya.

Perubahan emoji pistol di Windows (source: Emojipedia)
Emoji pistol di Windows, sebelum (kiri) dan sesudah (source: Emojipedia)

Perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook itu mungkin punya pendapat tersendiri mengapa mereka mengganti emoji pistolnya dengan wujud yang lebih lucu. Mungkin, mereka ingin menghapuskan kesan buruk di senjata api. Kalau diruntut, bisa jadi ini adalah salah satu bentuk empati Apple terhadap peristiwa penembakan massal yang makin marak di Amerika Serikat beberapa bulan terakhir.

- Advertisement -

Di sisi lain, penggantian emoji senjata api oleh Microsoft ternyata adalah bentuk kepatuhan terhadap standar dari Unicode. Setidaknya, itulah yang diakui salah seorang juru bicara perusahaan pimpinan Satya Nadella itu pada Engadget (4/8/16). Dari sejumlah platform bikinan sejumlah perusahaan teknologi terkemuka, emoji bikinan Microsoft kali ini memang lebih mirip dan seragam, tidak seperti Apple.

Interpretasi pistol dalam emoji di sejumlah platform terkenal (source: Emojipedia)
Interpretasi terbaru pistol dalam emoji di sejumlah platform terkenal (source: Emojipedia)

Anda sendiri, lebih suka dengan emoji pistol terbaru Apple atau Microsoft?

 

Baca juga:

REKOR BARU APPLE, 1 MILIAR IPHONE TELAH TERJUAL!

APPLE MAU BAYAR RP 2,6 MILIAR UNTUK PARA HACKER

MICROSOFT MAU PECAT 2.000-AN KARYAWANNYA, ADA APA?

Share this