Technologue.id, Jakarta – Perusahaan mendiang Steve Jobs, Apple sudah cukup lama dikabarkan akan mengadopsi layar OLED ke dalam perangkat iPhone mereka, yang disuplai dari vendor lain. Namun, kabar terbaru menyebutkan jika perusahaan tersebut akan menciptakan layar OLED sendiri

Dilansir dari GSM Arena (25/7/2017), isu ini mencuat setelah Apple diketahui membeli sebuah mesin Chemical Vapor Deposition (CVD) dari perusahaan Korea Selatan. Mesin tersebut memiliki kemampuan untuk menciptakan layar OLED 2.5G .

Dari sumber terpercaya, Apple melakukan hal tersebut guna mengurangi ketergantungan mereka terhadap suplai layar layar OLED dari Samsung. Hal ini juga dipercaya sebagai langkah dalam mematahkan monopoli bisnis yang dilakukan oleh Canon Tokki, pemasok seperangkat peralatan produksi OLED ke Samsung.

Tidak hanya Samsung, Canon Tokki pun diangkat menjadi penyuplai peralatan OLED oleh LG Display. Selain itu, Xiaomi dan Google pun menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Jepang tersebut.

Sehingga, Apple menilai OLED dari perusahaan lain membuat ketidakseimbangan. Penilaian tersebut dilanjutkannya dengan rencana pembuatan layar OLED sendiri.

Hal ini juga banyak dipercaya sebagai langkah lain Apple dalam memproduksi perangkat smartphone-nya sendiri secara penuh. Berdasarkan laporan, Apple sudah memulainya dengan menciptakan SoC dan GPU yang seluruhnya berteknologi baru.

Baca juga:

Bersama Apple, Foxconn Ikut Ajukan Tuntutan Hukum Kepada Qualcomm

Apple Jalin Kesepakatan dengan Samsung untuk Produksi Chipset A12

Apple Tawarkan Perbaikan Gratis untuk Apple Watch Generasi Pertama