Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Apple Ekspansi Pasar Smartphone India, Produsen China Merasa Terancam
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Salah satu produsen ponsel pintar sekaligus perusahaan teknologi raksasa asal Amerika, Apple, akan segera merilis iPhone yang dibuat di India. 

Rencana ini diharapkan dapat memperkuat posisi Apple di pasar smartphone global terutama di India yang sedang berkembang pesat.

Berdasarkan laporan yang ada, perusahaan Apple berencana untuk membuat iPhone di pabrik Foxconn di Chennai, India. 

Pabrik tersebut akan berfokus pada produksi iPhone SE dan iPhone 6, yang merupakan dua model iPhone yang paling laku di pasar India. 

Baca Juga:
Saham Melempem, Gaji CEO Apple Tim Cook Dipotong

Dengan mendirikan pabrik di India ini, Apple berharap bisa mengurangi biaya produksi dan meningkatkan margin keuntungan.

Selain itu, Apple juga akan mendapatkan keuntungan dari program pemerintah India yang memberikan insentif kepada perusahaan yang memproduksi barang di India. 

Program ini sangat menguntungkan dan dapat membantu Apple mengurangi biaya logistik serta meningkatkan efisiensi produksi.

Namun, rencana Apple ini diyakini akan menimbulkan tekanan bagi produsen smartphone asal China yang saat ini dominan di pasar India. 

Menurut laporan, sekitar 60% dari seluruh smartphone yang dijual di India adalah produk dari perusahaan China. 

Dengan munculnya iPhone yang dibuat di India, akan mengurangi dominasi perusahaan China di pasar India dan meningkatkan persaingan di pasar smartphone.

Baca Juga:
Langgar Hak Paten, Apple Watch Terancam Boikot di Amerika

Selain itu, rencana Apple ini juga diyakini akan menimbulkan tekanan bagi pabrik-pabrik smartphone asal China yang saat ini mengekspor produknya ke India. 

Keberadaan iPhone yang dibuat di India akan memengaruhi permintaan produk dari Cina yang akhirnya berdampak negatif bagi perusahaan China.

Dengan demikian, rencana pendirian Apple di India untuk memproduksi iPhone dapat memperkuat posisinya di pasar smartphone India yang sedang berkembang pesat. 

Hal ini diyakini akan memberikan dampak buruk bagi perusahaan asal China yang selama ini mendominasi pasar smartphone di India.

SHARE:

Bukan Sony, Apple Tunjuk Supplier Lain Garap Sensor Kamera iPhone 18

Saingi Google, Apple Rilis Maps Versi Beta di Web