Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Apple Gandeng Google Dukung Fitur AI untuk iPhone Terbaru?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Bloomberg melaporkan bahwa Apple sedang dalam pembicaraan terkait lisensi model Gemini Google untuk mendukung fitur AI seperti Siri dalam pembaruan perangkat lunak iPhone masa depan yang akan datang pada 2024. Apple juga dikabarkan telah melakukan pembicaraan serupa dengan pembuat ChatGPT, OpenAI.

Dilansir Arstechnica, potensi integrasi Google Gemini ke iOS 18 dapat menghadirkan serangkaian fitur baru yang didukung AI berbasis cloud ke ponsel pintar Apple, termasuk pembuatan gambar atau penulisan esai berdasarkan perintah sederhana.

Syarat dan merek perjanjian tersebut belum diselesaikan, dan rincian implementasinya masih belum jelas. Kedua perusahaan kemungkinan besar tidak akan mengumumkan kesepakatan apa pun hingga Worldwide Developers Conference tahunan Apple pada Juni.

Baca Juga:
Microsoft Teams Bakal Rilis Fitur Walkie-Talkie di iPhone

Gemini juga dapat menghadirkan kemampuan baru pada asisten suara Apple yang banyak dikritik, Siri, yang tertinggal dari asisten AI terbaru yang didukung oleh model bahasa besar (LLM) dalam memahami dan merespons pertanyaan kompleks. Rumor tentang frustrasi internal Apple terhadap Siri dan kemungkinan solusinya telah beredar selama beberapa waktu.

Pada Januari, 9to5Mac mengungkapkan bahwa Apple telah melakukan pengujian dengan versi beta iOS 17.4 yang menggunakan API ChatGPT OpenAI untuk mendukung Siri. Seperti dilaporkan sebelumnya, Apple juga telah mengembangkan model AI-nya sendiri, termasuk model bahasa besar dengan nama sandi Ajax dan chatbot dasar yang disebut Apple GPT.

Akan tetapi, teknologi LLM perusahaan dikatakan tertinggal dibandingkan para pesaingnya, sehingga membuat kemitraan dengan Google atau penyedia AI lainnya menjadi pilihan yang lebih menarik.

SHARE:

Tak Cuma Lokal, Hyundai Juga Melempem di Pasar Otomotif Global

Kembali Disusupi, Akun Pengguna Roku Terdampak Lebih Banyak