Apple Investasikan Rp 2,6 Triliun ke Sebuah Pabrik Kaca

Ilustrasi riset dari pabrik Corning (source: Corning)

Technologue.id, Jakarta – Raksasa Cupertino, Apple mengumumkan niatnya untuk menginvestasikan Rp 2,6 Triliun ke sebuah pabrik yang selama ini merupakan dalang dibalik kaca Gorilla, yakni Corning Incorporated. Setelah 10 tahun bermitra, Apple tak lagi melihat Corning sebagai rekanan, melainkan tempat berinvestasi yang tepat.

Dikutip dari GSM Arena (13/5/2017), laris manisnya produk Corning yang hampir digunakan oleh seluruh produsen smartphone di dunia, mendorong Apple untuk melakukan investasi. Nantinya, jumlah investasi yang besar itu akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan modal dan pemrosesan produk kaca mutakhir dari Corning.

Pada sebuah kesempatan, CFO Apple, Jeff Williams mengatakan, “Corning adalah contoh pemasok yang terus berinovasi, terlebih mereka merupakan partner lama kami dalam memenuhi kebutuhan akan kaca pelapis. Kerjasama yang dimulai antara Apple dan Corning telah berlangsung selam 10 tahun, dan kini setiap iPad dan iPhone yang ada di dunia telah menggunakan kaca Gorilla hasil ciptaan mereka.”

Jeff menambahkan, perusahaan tempat dia bekerja sangat bangga bisa terus menjalin kerjasama selama bertahun-tahun dengan Corning. “Kami berpikir, mungkin ini saat yang tepat untuk berinvestasi lebih jauh lagi ke dalam Corning, yang menjadi contoh manufaktur yang kaya akan inovasi,” tuturnya.

Jika melihat ke belakang, Apple dan Corning memang telah menjalin partnership yang begitu damai sejak 2007, tepatnya ketika Apple memperkenalkan versi pertama iPhone. Bagaimanapun juga rasanya aneh sebuah rekanan perusahaan melakukan investasi yang begitu besar.

Rupanya, investasi yang dilakukan oleh Apple ini merupakan bagian dari pendanaan lanjutan manufaktur mereka yang baru. Bisa dikatakan, pendanaan senilai 2,6 triliun ini adalah awal dari tujuan utama Tim Cook dan timnya untuk melakukan investasi yang lebih besar lagi ke dalam Corning, bahkan menyentuh angka 1 milyar dolar.

Baca juga:

Apple Gunakan Chipset 10nm untuk Perangkat Terbarunya

Apple Masih Kuasai Pasar Tablet

Ditinggalkan Apple, Qualcomm Balas Dendam