Technologue.id, Jakarta – Pertarungan sengit antara Samsung dan Apple nampaknya hanya berlaku di penjualan perangkat saja. Pasalnya, kedua brand besar tersebut malah menjalin kesepakatan untuk memproduksi chipset terbaru, yakni A12 yang bermanufaktur 7nm.

Dilansir dari The Investor (19/7/2017), chipset A12 dikabarkan akan tersemat pada perangkat iPhone di tahun depan. A12 juga menjadi produk SoC pertama Samsung setelah lenyapnya kesepakatan perusahaan asal Korea Selatan itu dengan TSMC pada tahun 2013 silam.

Laporan terbaru menyebutkan, guna menjamin kualitas chipset tersebut Samsung membeli mesin litografi ultra violet kelas tinggi sebagai peralatan manufakturnya. “Jajan”-nya Samsung tersebut juga membuktikan jika pihaknya serius dalam menciptakan chipset 7nm yang konon katanya untuk iPhone semata.

Salah satu dari tga co-CEO Samsung memainkan peran penting hingga terwujudnya kerjasama ini. Dengan demikian, campur tangan Samsung di dalam iPhone akan nampak kembali, seperti beberapa tahun lalu.

Selain chipset, sumber terpercaya dari dalam kubu Samsung mengatakan, kedua perusahaan raksasa itu juga menjalin kesepakatan untuk panel OLED. Sehingga, tidak hanya chipset yang dikerjakan Samsung, namun juga panel dari iPhone versi tahun 2018.

Untuk saat ini, Samsung dikabarkan telah selesai dalam melakukan uji coba terhadap mesin pembuat chip A12. Produksi akan dimulai sesegera mungkin setelah Apple sebagai pelanggan mempersetujuinya.

Baca juga:

Apple Tawarkan Perbaikan Gratis untuk Apple Watch Generasi Pertama

2018, Jumlah Smartphone Mirip Samsung Galaxy S8 Bakal Naik 3X Lipat!

Perangkat Xiaomi Berikutnya akan Mengadopsi Layar AMOLED dari Samsung