Technologue

Apple – Kia Kerja Sama Bangun Mobil Pintar

Technologue.id, Jakarta – Apple dan Kia dikabarkan tengah bekerja sama untuk mengembangkan kendaraan listrik. Tak main-main, Kia bahkan telah menggelontorkan dana sebesar US$ 3,6 miliar atau sekitar Rp51 triliun untuk investasi.

Dilansir dari Gizmochina, Kamis (4/1/2021), keduanya berencana memproduksi mobil listik di wilayah Georgia, AS. Namun produksi baru akan dimulai pada tahun 2024 mendatang dengan target 100.000 unit di tahun pertama dan 400.000 unit di tahun berikutnya.

Baca Juga:

Apple Berencana Bikin Mobil Pintar Pertamanya di 2024


Masuknya Kia sebagai rekanan Apple untuk proyek ini menurut sumber yang tak mau disebutkan namanya adalah karena Kia sudah memiliki E-GMP Platform. Selain itu Kia juga dinilai lebih siap untuk memulai produksi pada tahun 2024.

Kia sendiri nantinya akan bertanggung jawab untuk mengerjakan produksi dan manufaktur. Sedangkan Apple akan lebih condong untuk pengerjan software-nya seperti sistem self-driving atau otonom dan lainnya.

Baca Juga:

Apple Mulai Kembangkan Teknologi Layar Lipat


Sayangnya belum jelas apakah kerja sama ini sudah ditandatangani oleh kedua eksekutif perusahaan atau belum. Kita nantikan saja kejelasannya beberapa waktu mendatang.