Technologue.id, Jakarta – Sejak dirilis pada tahun 2010 silam, tablet buatan Apple, iPad masih menjadi salah satu tablet terlaris di pasaran hingga saat ini.

Belum lama ini, sebuah lembaga riset, IDC merilis data mengenai pangsa pasar dan pertumbuhan tablet selama kuartal pertama 2017 di seluruh dunia. Dan hasilnya, Apple masih menempati posisi pertama dengan pangsa pasar 24,6 persen. Namun angka tersebut menurun dari 25,6 persen pada kuartal pertama 2016 lalu.

Mengutip dari GSMArena (05/05/17), peringkat kedua setelah Apple adalah Samsung. Perusahaan elektronik asal Korea Selatan itu berhasil menguasai pangsa pasar global dengan angka 16,5 persen. Sedangkan tahun lalu, angkanya masih 15,2 persen.

Huawei, Amazon, dan Lenovo menyusul setelah Samsung dengan pangsa pasar yang tak begitu dominan di bawah 10 persen. Ketiganya masing-masing mendapatkan porsi 7,4 persen, 6 persen, dan 5,7 persen.

Di saat yang bersamaan, IDC juga mencatat bahwa pasar tablet sudah mulai terasa jenuh. Ini terlihat dari angka pendistribusian tablet di seluruh dunia yang terus menurun. Jika dibandingkan dengan kuartal pertama 2016, kuartal pertama 2017 ini angkanya mengalami penurunan sebanyak 8,5 persen.

Menurut analisis IDC, salah satu alasan mengapa minat tablet terus melemah adalah hadirnya perangkat 2-in-1 (tablet yang bisa jadi laptop dan sebaliknya).

 

Baca juga:

Q1 2017, Apple Watch Jadi Perangkat Wearable Favorit

Ditinggalkan Apple, Qualcomm Balas Dendam

Tunda Rilis iPhone, Apple Terima ‘Azab’