Apple Mulai Egois

CEO Apple, Tim Cook (source: Apple)

Technologue.id, Jakarta – Hubungan Apple dengan sebuah perusahaan desainer chip asal Inggris, Imagination Technologies, sebentar lagi akan berakhir. Seperti dikutip dari TheVerge (03/04/17), mereka telah menerima pernyataan penghentian kerja sama resmi dari Apple dalam dua tahun ke depan.

Alasannya, perusahaan yang dibesarkan oleh mendiang Steve Jobs itu tengah menyiapkan GPU sendiri. Padahal sejauh ini, Imagination Technologies sudah menyuplai desain GPU untuk iPhone dan iPad.

Langkah Apple ini tentu berdampak bagi Imagination Technologies. Sebab, raksasa Cupertino itu adalah klien utama mereka, terbukti dari setengah revenue mereka yang didapat dari Apple. Di samping itu, Imagination Technologies juga tak akan lagi menerima royalti atas perangkat iPhone dan iPad yang terjual.

Sementara itu, Apple seakan ingin memberi sinyal akan kedigdayaan mereka. Pasalnya tak lama lagi, publik akan melihat chip iPhone maupun iPad yang 100 persen dibuat oleh Apple, baik CPU maupun GPU-nya.

Konsumen pun boleh berharap banyak, karena Apple terbilang sukses dalam memproduksi CPU yang mumpuni. Hal ini terbukti dari hasil beberapa benchmark yang menahbiskan produk Apple sebagai yang terbaik dan itu didapat salah satunya dari performa CPU.

Ke depannya, bukan tidak mungkin independensi Apple ini juga menghentikan kerja samanya dengan perusahaan lain, misalnya dengan Samsung. Untuk saat ini, Samsung masih menjadi supplier penting bagi Apple, yakni untuk komponen panel layar. Kabarnya untuk iPhone tahun ini, Apple telah meng-order 100 juta panel OLED ke vendor dari Korea Selatan itu.

 

Baca juga:

Poin Antutu Samsung Galaxy S8 Ungguli iPhone 7 Plus

iOS 10.3 Bawa Fitur Baru untuk iPhone, Apa Saja?

iPhone 7 Bermotif Gores?