Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Apple Pakai ChatGPT-4o untuk Siri OpenAI Justru Diuntungkan, Kok Bisa?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Apple mengumumkan di WWDC kemitraan baru dengan OpenAI untuk mengintegrasikan ChatGPT-4o ke Siri. Siri merupakan asisten virtual yang diperbarui, yang disertakan dalam iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia.

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, tidak ada uang yang berpindah tangan sebagai bagian dari kesepakatan tersebut. Sumber yang mengetahui kemitraan ini mengatakan bahwa Apple yakin bahwa mempromosikan merek dan teknologi OpenAI ke lebih dari 1 miliar perangkat aktif akan memberikan nilai lebih dibandingkan pembayaran tunai.

Pemikirannya adalah semakin banyak pengguna Apple yang menggunakan ChatGPT dapat meningkatkan pendaftaran berlangganan untuk tingkat ChatGPT Plus senilai USD20 per bulan. Apple juga dapat mengambil persentase dari biaya tersebut sebagai mitra rujukan.

Baca Juga:
Perkuat Siri, Kolaborasi dengan OpenAI Bikin Saham Apple Anjlok 2%

"Apple tidak membayar OpenAI sebagai bagian dari kemitraan, kata sumber tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena persyaratan kesepakatan bersifat pribadi. Sebaliknya, Apple percaya bahwa mendorong merek dan teknologi OpenAI ke ratusan juta perangkatnya memiliki nilai yang sama atau lebih besar daripada pembayaran tunai," tulis Mark Gurman, seperti dikutip dari Neowin.

Meskipun biaya komputasi untuk mendukung ChatGPT untuk permintaan Siri yang tak terhitung jumlahnya bisa menjadi besar untuk OpenAI, terdapat potensi aliran pendapatan baru. Dengan demikian, baik Apple maupun OpenAI berpeluang mendapatkan pemasukan tambahan dari kolaborasi ini.

Apple juga bermaksud mencari bagi hasil dari mitra seperti Google untuk fitur-fitur yang didukung oleh teknologi AI.

Sebagai permulaan, peningkatan kemampuan AI hanya akan tersedia dalam bahasa Inggris, meskipun direncanakan lebih banyak bahasa lagi untuk tahun depan. Selain ChatGPT untuk Siri, Apple juga berencana menawarkan chatbot lainnya.

Meski Apple diklaim sedang melakukan pembicaraan dengan Google untuk Gemini, namun rumor tersebut tidak pernah terkonfirmasi.

Di sisi lain, ChatGPT dengan kemampuan suara GPT-4o akan terus tersedia sebagai aplikasi mandiri untuk perangkat Apple. Perlu dicatat bahwa ChatGPT-4o, yang dirilis bulan lalu, tersedia untuk semua orang, termasuk pengguna gratis.

SHARE:

Cegah Serangan Ransomware, Ini yang Perlu Diperhatikan Pemerintah

Berkali-kali Diserang Hacker, Apakah Pemerintah Akan Lebih Aware?