Technologue.id, Jakarta – Apple baru-baru ini memperbolehkan para pengguna iPhone untuk membersihkan ponsel menggunakan desinfektan. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Dilansir dari Gizchina pada Rabu (11/3/2020), pembersihan ponsel itu dapat dilakukan bahkan dengan menggunakan alkohol isopropil 70%. Apple menegaskan penggunaan bahan kimia tersebut tidak akan merusak ponsel.

Baca Juga:
Gara-Gara Corona, Apple Kehabisan Stok iPhone

“Menggunakan alkohol 70% isopropil atau tisu desinfektan, Anda dapat dengan lembut mengelap permukaan keras dan tidak keropos dari produk Apple Anda,” tulis perusahaan yang berbasis di Cupertino itu.

Apple sendiri sebelumnya telah melarang penggunaan bahan-bahan tersebut. Apple menyarankan agar tidak menggunakan bahan apapun selain air untuk membersihkan iPhone.

Menurutnya, bahan-bahan kimia dapat merusak lapisan oleophobic merusak lapisan oleofobik (penolak minyak) dan hirdrofobik (anti-air). Namun, saat ini Apple telah memperbolehkan pengguna iPhone membersihkan perangkat mereka dengan bahan tersebut.

Baca Juga:
Berangus Misinformasi, Apple dan Google Tindak Aplikasi Berbau Corona

Meski begitu, Apple tetap menyarankan jangan menggunakan pemutih dan jangan biarkan cairan masuk ke port pengisian atau celah lain apalagi merendamnya. Pengguna iPhone juga disarankan untuk menggunakan kain halus ketika membersihlan ponsel.

Menjaga kebersihan benda yang paling sering disentuh merupakan cara yang baik untuk mencegah penularan virus Corona. Tapi yang lebih penting adalah selalu menjaga kesehatan tubuh karena virus Corona sendiri pada dasarnya bisa dilawan dengan tubuh yang sehat.